Biografi Jerry Yang - Pendiri Yahoo.com - Biografi dan Sejarah

Our site moved here Sejarah dan Biografi

Saturday, January 23, 2016

Biografi Jerry Yang - Pendiri Yahoo.com

Yahoo! Inc didirikan oleh dua orang alumni Universitas Stanford yakni Jerry Yang Chih-Yuan (lahir 6 November 1968, adalah pengusaha berdarah Amerika-Taiwan) dan David Filo (lahir di Wisconsin, Amerika Serikat, 20 April 1966).  Awal tahun 2012, Jerry Yang akhirnya meninggalkan Yahoo, perusahaan yang didirikannya sejak 1995. Ia meninggalkan Yahoo sepenuhnya, tidak ada lagi posisi yang dipegangnya di sana, termasuk kursinya di dewan direksi. Hal ini dilakukan hanya dua minggu setelah Yahoo memilih CEO baru, Scott Thompson. Ia memiliki 3,69 persen saham Yahoo, sedangkan David Filo yang juga pendiri Yahoo memiliki 6 persen. Jumlah itu berdasarkan data April-Mei 2011.  Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford (Jerry Yang Chih-Yuan dan David Filo) mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Yahoo! Inc didirikan oleh dua orang alumni Universitas Stanford yakni Jerry Yang Chih-Yuan (lahir 6 November 1968, adalah pengusaha berdarah Amerika-Taiwan) dan David Filo (lahir di Wisconsin, Amerika Serikat, 20 April 1966).

Awal tahun 2012, Jerry Yang akhirnya meninggalkan Yahoo, perusahaan yang didirikannya sejak 1995. Ia meninggalkan Yahoo sepenuhnya, tidak ada lagi posisi yang dipegangnya di sana, termasuk kursinya di dewan direksi. Hal ini dilakukan hanya dua minggu setelah Yahoo memilih CEO baru, Scott Thompson. Ia memiliki 3,69 persen saham Yahoo, sedangkan David Filo yang juga pendiri Yahoo memiliki 6 persen. Jumlah itu berdasarkan data April-Mei 2011.

Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, saat itu dua orang alumni Universitas Stanford (Jerry Yang Chih-Yuan dan David Filo) mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar. Dua mahasiswa teknik tersebut hanya mempunyai sedikit pekerjaan yang harus dilakukan selain menjelajah internet. Mereka tidak membutuhkan waktu lama untuk mengkompilasi sebuah daftar bookmark yang besar, yang dikelompokkan berdasarkan subyek. Kemudian mereka berpikir untuk memasukannya di web, dan mulai bekerja membuat sebuah program database untuk menanganinya sehingga dapat memberikan hasil secara online.

Awalnya bookmark yang dibuat tahun 1994 tersebut bernama “Jerry and David’s Guide to World Wide Web”, akhirnyaberganti menjadi yahoo! yang merupakan kependekan dari “Yet Another Hierarchical Officious Oracle”. Filo dan Yang memilih kata tersebut karena mereka menyukai definisi umum dari kata-kata tersebut, yang mana berasal dari Gulliver’s Travels oleh Jonathan  Swift: “rude –kuat-, unsophisticated -sederhana-, dan uncouth –kasar-)

Pada tanggal 18 Januari 1995 dibuatlah domain yahoo.com. Karena Yang dan Filo menyadari  potensi besar yang dimiliki oleh website mereka ini, akhirnya pada tanggal 1 Maret 1995, Yahoo diresmikan sebagai badan hukum.
Load disqus comments

0 komentar