Biografi & Prestasi Bill Gates - Biografi dan Sejarah

Our site moved here Sejarah dan Biografi

Monday, January 18, 2016

Biografi & Prestasi Bill Gates



siapa sih yang kenal tokoh yang satu ini, yaitu Bill Gates. Willam Henry Gates III (lahir di seattle,Washington, 28 Oktober 1955), lebih dikenal sebagai Bill Gates, yaitu pendiri (bersama Paul Allen) dan ketua umum perusahaan perangkat lunak AS, Microsoft. Ia menempati posisi pertama dalam orang terkaya di dunia versi majalah Forbes selama 13 tahun(1955 s/d 2007).

Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mendapatkan kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur tiga belas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki.

 Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu. Mesin ini, yang disebut ASR-33, keadaannya masih pasaran.

Pada intinya ini sebuah mesin ketik yang selanjutnya siswa bisa memasukkan perintah yang kirimkan kepada komputer; jawaban kembali diketikkan ke gulungan kertas pada teletype.

Proses ini merepotkan, tetapi mengubah kehidupan Gates. Dia dengan cepat menguasai BASIC, bahasa pemrograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu berjam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. "Dia adalah seorang 'nerd' (eksentrik)," sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates julukan itu.

Sejak kecil sifat Kontroversial memang sudah menjadi pelengkap hidup Bill Gates, dan sifat ini terus bertahan sampai dewasa. Salah satu kontroversial Bill yang menonjol yaitu pada saat ia membeli MS-DOS dari Seattle Computer seharga $50,000 kemudian melisensikannya dibawah bendera Microsoft untuk dijual kepada IBM dengan nama PC-DOS.Atas kejadian ini Microsoft digugat oleh Seattle Computer karena tidak memberitahukan mengenai ikatannya dengan IBM untuk membeli system operasi itu dengan murah. Akhirnya Microsoft memang membayar uang kepada Seattle Computer, tetapi tidak mengakui kesalahannya. Reputasi Gates kemudian lebih diperburuk oleh tuntutan dakwaan monopoli oleh Departemen Keadilan A.S. dan perusahaan-perusahaan individu yang menentang Microsoft dalam akhir dasawarsa 1990.

Selain kejadian diatas, Bill Gates sebenarnya sudah sering berhadapan dengan berbagai dakwaan yang berhubungan dengan sistem monopoli bisnisnya. Akan tetapi dengan kecerdasannya Bill Gates tetap bisa melaju dengan lancar bersama Microsoft. Pada 27 Juni 2008, Bill mengundurkan diri dari sebagian besar jabatannya di Microsoft (namun tetap bertahan sebagai ketua dewan direktur) dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan yang didirikannya, Yayasan Bill & Melinda Gates.

Biodata

Nama Lengkap : William Henry Gates
Alias : Bill Gates
Profesi : Pengusaha
Tempat Lahir : Seattle, Washington
Tanggal Lahir : Jumat, 28 Oktober 1955
Zodiac : Scorpion
Warga Negara : Amerika Serikat
Ayah : William H. Gates, Sr.
Ibu : Mary Maxwell Gates
Istri : Melinda Gates

Biografi

William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan namaBill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Bill Gates adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way.Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu.Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yangbelajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu ber-jam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. “Dia adalah seorang eksentrik,” sebagaimana salah seorang guru memberikan Gates julukan itu. Bill Gates menempuh kuliah di Harvard University di Cambridge mulai tahun 1975. Di sana ia bertemu dengan Paul Allen sewaktu sekolah bersama-sama. Bersama Paul Allen, Bill Gates terus mengembangkan talentanya di bidang pemograman komputer. Namun, Bill gates memutuskan keluar (drop out) untuk menyumbangkan wakunya ke Microsoft.

Prestasi Bill Gates

1. Orang terkaya didunia versi forbes 1995 - 2007
2. 100 orang yang paling berpengaruh dalam media, The Guardian, 2001
3. Sunday Times senarai kuasa, 1999
4. 50 Orang Elit Siber, majalah TIME, peringkat #1, 1998
5. 100 orang paling berkuasa dalam sukan, Sporting News, 1997
6. penghargaan kesatriaan (Knight Commander of the Order of the British Empire Kehormatan) dari     Ratu Elizabeth II, 2005
7. Bersama istrinya, Melinda Gates, mendermakan $5 milyar kepada organisasi mereka. Pendermaan paling besar dunia yang dilakukan oleh individu-individu hidup.

Penghargaan  Bill Gates

Predikat 400 Richest People in America, majalah Forbes(1987)Masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh pada abad ke-20, Majalah Time Masuk ke dalam daftar 100 orang paling berpengaruh tahun 2004, 2005, dan 2006 oleh Majalah Time Peringkat kedelapan dalam daftar Heroes of our time (2006)Gelar CEO tahun 1994 oleh majalah Chief Executive Officers (1994)
Peringkat pertama dalam daftar Top 50 Cyber Elite oleh majalah Time (1998)Gelar Distinguished Fellow ke-20, British Computer Society (1994)Gelar Doktor Kehormatan dari Nyenrode Business

Universiteit, Breukelen, Belanda, (2000)Anggota kehormatan Peking University (2007) Gelar Kehormatan Knight Commander of the Order of the British Empire (KBE) oleh Ratu Elizabeth II (2005) Penghargaan Order of the Aztec EaglePenghargaan Bower Award for Business Leadership dari The Franklin Institute (2010)Silver Buffalo Award dari Boy Scouts of America (2010)
Load disqus comments

0 komentar