Penemu Twitter - Biografi dan Sejarah

Our site moved here Sejarah dan Biografi

Friday, January 22, 2016

Penemu Twitter

  Bagi Anda yang masih awam dengan kata Twitter. Bab ini akan menjelaskan secara detail tentang twitter agar Anda mengerti tentang Twitter, Bagaimana penggunaannya dan sejarahnya. Mungkin sebagian besarmasyarakat beum menggunakan twitter sebagai salah satu jejaring sosial. Contohnyasaja di Indonesia, Situs Facebook masih menjadi situs jejaring sosial yang hangat untuk digunakan dengan efisiensi dan kemudahan yang diberikan. Namun disamping itu, terdapat situs yang tak kalah menarik untuk di bahas. Twitter adalah salah satu situs jejaring sosial yang juga tak kalah menariknya untuk dibahas secara mendalam. Biografi   lahir 19 November 1976, Dorsey besar di St. Louis, Missouri, ia dibesarkan sebagai penganut Katolik, pamannya adalah seorang pendeta Katolik di Cincinnati. Ia menghadiri sekolah Katolik Bishop DuBourg High School, lalu melanjutkan ke Universitas Sains dan Teknologi Missouri, dan kemudian pindah ke Universitas New York, disinilah ide tentang pembuatan Twitter muncul.  Suatu saat diadakanlah acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast  bernama Odeo, dari acara tersebutlah Asal mula Twitter berawal. Dorsey mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006, ketika Dorsey memublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi: "just setting up my twttr"  Twitter   Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya  untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs  jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet."   Bagi pengguna yang tak terdaftar di Twitter hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui  berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.


Bagi Anda yang masih awam dengan kata Twitter. Bab ini akan menjelaskan secara detail tentang twitter agar Anda mengerti tentang Twitter, Bagaimana penggunaannya dan sejarahnya. Mungkin sebagian besarmasyarakat beum menggunakan twitter sebagai salah satu jejaring sosial. Contohnyasaja di Indonesia, Situs Facebook masih menjadi situs jejaring sosial yang hangat untuk digunakan dengan efisiensi dan kemudahan yang diberikan. Namun disamping itu, terdapat situs yang tak kalah menarik untuk di bahas. Twitter adalah salah satu situs jejaring sosial yang juga tak kalah menariknya untuk dibahas secara mendalam.

Biografi 

Lahir 19 November 1976, Dorsey besar di St. Louis, Missouri, ia dibesarkan sebagai penganut Katolik, pamannya adalah seorang pendeta Katolik di Cincinnati. Ia menghadiri sekolah Katolik Bishop DuBourg High School, lalu melanjutkan ke Universitas Sains dan Teknologi Missouri, dan kemudian pindah ke Universitas New York, disinilah ide tentang pembuatan Twitter muncul.

Suatu saat diadakanlah acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah perusahaan podcast  bernama Odeo, dari acara tersebutlah Asal mula Twitter berawal. Dorsey mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Pengerjaan proyek ini dimulai pada tanggal 21 Maret 2006, ketika Dorsey memublikasikan pesan Twitter pertamanya pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi: "just setting up my twttr" Twitter

Twitter adalah layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan berbasis teks hingga 140 karakter, yang dikenal dengan sebutan kicauan (tweet). Twitter didirikan pada bulan Maret 2006 oleh Jack Dorsey, dan situs  jejaring sosialnya diluncurkan pada bulan Juli. Sejak diluncurkan, Twitter telah menjadi salah satu dari sepuluh situs yang paling sering dikunjungi di Internet, dan dijuluki dengan "pesan singkat dari Internet."

Bagi pengguna yang tak terdaftar di Twitter hanya bisa membaca kicauan, sedangkan pengguna terdaftar bisa memosting kicauan melalui antarmuka situs web, pesan singkat (SMS), atau melalui berbagai aplikasi untuk perangkat seluler.

Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat dan dengan cepat meraih popularitas di seluruh dunia. Hingga bulan Januari 2013, terdapat lebih dari 500 juta pengguna terdaftar di Twitter, 200 juta di antaranya adalah pengguna aktif.

Lonjakan penggunaan Twitter umumnya berlangsung saat terjadinya peristiwa-peristiwa populer. Pada awal 2013, pengguna Twitter mengirimkan lebih dari 340 juta kicauan per hari, dan Twitter menangani lebih dari 1,6 miliar permintaan pencarian per hari. Hal ini menyebabkan posisi Twitter naik ke peringkat kedua sebagai situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi di dunia, dari  yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.

Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai  keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan peny3nsoran.

Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San Francisco, dengan kantor dan server tambahan terdapat di New York City, Boston, dan San Antonio.  Kini twitter bukan saja milik kalangan biasa, tetapi sudah merambah ke kalangan artis sampai  politikus. Bahkan bagi situs berita, Twitter adalah sarana ampuh untuk menarik banyak pengunjung ke situsnya, sehingga menjadikan twitter sebagai sarana mencari berita teraktual.

Penggalangan dana untuk mendirikian Path diawali oleh 3 pendiri Path yaitu Dave Morin, Shawn Fanning, dan Dustin Mierau. Penggalangan dana ini berhasil mengumpulkan beberapa penyumbang di antaranya Ron Conway, Paul Buchheit, Ashton Kutcher, dll. Pada bulan februari 2011,  perusahaan ini berhasil menggalang dana sebesar $8.5 juta untuk modal dasar yang berasal dari  Kleiner Perkins Caufield & Byers dan Index Ventures serta Digital Garage dari Jepang.

Pada bulan November dan Desember 2011, Path meluncurkan beberapa fitur baru dan meningkatkan penggunanya dari 30.000 menjadi lebih dari 300.000 dalam waktu kurang dari 1 bulan. Pada Februari 2012, perusahaan ini dikritik secara luas karena aplikasi ini mengakses dan menimpan kontak yang ada di dalam telepon selular pengguna tanpa persetujuan dari pengguna sendiri. Dalam sebuah blog yang diunggah oleh CEO Path sendiri, perusahaan meminta maaf dan menyatakan bahwa Path telah mengubah praktik ini.

Bagaimanapun, pada Maret 2012, perusahaan mendapatkan permintaan untuk memberikan  informasi dari representatif kongres Henry A. Waxman dan G. K. Butterfield beserta 33 pengembang  aplikasi lainnya yang menanyakan secara detail informasi apa saja yang telah dikumpulkan dari  pengguna Path dan bagaimana mereka menggunakannya. Pada Februari 2013, perusahaan ini  dikenai denda sebesar $800.000 oleh FTC karena menyimpan data dari pengguna di bawah umur  dan diharuskan untuk evaluasi atas kebijakan privasi setiap 2 tahunselama 20 tahun ke depan.
Load disqus comments

0 komentar