Sunday, January 24, 2016

Sejarah Musik Dangdut

Visit Pusat Bet




 Dangdut adalah aliran musik yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, karena sangat merakyat bagi bangsa Indonesia sejak jaman berdirinya negara Indonesia. Musik dangdut berakar dari musik melayu yang mulai berkembang pada tahun 1940. Irama melayu sangat kental dengan unsur aliran musik dari India dan gabungan dengan irama musik dari Arab. Unsur tabuhan gendang yang merupakan unsur musik India digabungkan dengan unsur cengkok penyanyi dan harmonisasi dengan irama musiknya merupakan suatu ciri khas irama melayu adalah awal mutasi irama melayu ke dangdut.  Dari hasil test yang saya cari bahwa musik dangdut memang mempunyai keunikan tersendiri baik  itu dari segi pandangan maupun pendengaran. Uniknya Dangdut dari segi Pandangan yaitu tak luput dari goyangannya yang membuat kita secara tidak sadar ingin mengikuti dan bergoyang bersama-sama. Goyangan yang khas mulai dari kepala,  tangan, kaki dan terutama selalu dilengkapi dengan pinggul tentunya.  Uniknya Dangdut dari segi pendengaran yaitu dari suara alat musiknya yang berbeda dari yang  lain terutama dari irama pukulan kendang kempul dan dilengkapi dengan tiupan seruling bambu adalah ciri khas asli dari musik dangdut.   Kok bisa begitu ?...  Bisa.... Penjelasannya sudah bisa rasakan sendiri karena indonesia itu memiliki keunggulan yang  luar

Dangdut adalah aliran musik yang sudah tidak asing bagi masyarakat Indonesia, karena sangat merakyat bagi bangsa Indonesia sejak jaman berdirinya negara Indonesia. Musik dangdut berakar dari musik melayu yang mulai berkembang pada tahun 1940. Irama melayu sangat kental dengan unsur aliran musik dari India dan gabungan dengan irama musik dari Arab. Unsur tabuhan gendang yang merupakan unsur musik India digabungkan dengan unsur cengkok penyanyi dan harmonisasi dengan irama musiknya merupakan suatu ciri khas irama melayu adalah awal mutasi irama melayu ke dangdut.

Dari hasil test yang saya cari bahwa musik dangdut memang mempunyai keunikan tersendiri baik  itu dari segi pandangan maupun pendengaran. Uniknya Dangdut dari segi Pandangan yaitu tak luput dari goyangannya yang membuat kita secara tidak sadar ingin mengikuti dan bergoyang bersama-sama. Goyangan yang khas mulai dari kepala,  tangan, kaki dan terutama selalu dilengkapi dengan pinggul tentunya.

Uniknya Dangdut dari segi pendengaran yaitu dari suara alat musiknya yang berbeda dari yang  lain terutama dari irama pukulan kendang kempul dan dilengkapi dengan tiupan seruling bambu adalah ciri khas asli dari musik dangdut. 

Kok bisa begitu ?...

Bisa.... Penjelasannya sudah bisa rasakan sendiri karena indonesia itu memiliki keunggulan yang  luar biasa yang bisa kita banggakan. Akan tetapi kebanyakan masyarakat kurang menyadari dan  masih memacu kepada kebudayaan musik barat. padahal negeri kita itu indah kalau kita rasakan  akan kemurnian karya dan hasil ciptaan karya negeri kita sendiri. Apa memang benar dangdut dari indonesia ?...Sudah pasti... ada yang mengaku dari Malaysia ataupun India. Memang ada unsur kemiran dari

lagu dan tarian tetapi Peneliti dari Amerika menegaskan Prof.Andrew Weintraub, bahwa dangdut merupakan musik asli dari Indonesia. Pada peluncuran buku yang bertajuk "Dangdut: Musik, Identitas dan Budaya Indonesia" di Aula  Fisip Unair Surabaya dengan dilengkapi oleh Rachmah Ida M Comms PhD (pakar komunikasi Unair) dan Sholehuddin SH.MH (PAMMI) menjelaskan sejak tahun 1984 dan seterusnya ternyata sifat dangdut itu khas dari Indonesia.

Profesor yang beristrikan orang India itupun mengakui lagu Dangdut yang berjudul "Termenung" memiliki kesamaan dengan musik dari sebuah film India,tetapi lirik lagunya itu masih sangat asli khas Indonesia.

Pada hari Minggu 22 April 2014 di Ball Room Hotel Sari Pacific, Jakarta Pusat. PMMI (Musik Melayu  Dangdut Indonesia) yang dipimpin oleh H Rhoma Irama menggelar seminar yang bertema “Sejarah  Musik Dangdut Indonesia”. Seminar nasional itu dibuka langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo. Sedikitnya 150 peserta ikut memadati ball room hotel. Rhoma Irama megaskan dihadapan  UNESCO terhadap keaslian dangdut adalah warisan budaya musik asli Indonesia yang tidak  dipisahkan.

Dulu memang musik dangdut sering di cemooh. Karena persaingan aliran musik dangdut dan aliran musik rock. Namun berkat perjuangan dan kerjasama antara musisi dan penyayi tempo dulu serta  tokoh masyarakat dan Ormas semuanya bersatu untuk memajukan musik dangdut sebagai warisan  budaya asli bangsa Indonesia Yang sekarang meningkat ke tingkat nasional dan Internasional  hingga ke Amerika. Dan pada akhirnya dunia mengakui keaslian sejarah dangdut. Pengakuan musik Dangdut diatas membuktikan bahwa Dangdut itu Hasil Karya Indonesia sendiri. karena ada sifat khas dan keaslian dari Indonesia, yang tidak ditemukan dari musik Melayu dan India.

Load disqus comments

0 komentar