Tuesday, January 19, 2016

Sejarah Olahraga Tinju

Visit Pusat Bet

Tinju atau boxing memang menjadi sebuah olah raga yang kian digemari di tanah air. Sebut saja Chris John petinju asal Indonesia yang juga bintang iklan di tv ini membuat para remaja bahkan orang tua kian mengidolakannya karena kepiawaiannya saat melakoni sejumlah laga kelas dunia.  Namun pernahkah anda berpikir tentang sejarah dari olah raga tinju ini? pada artikel berikut ini saya akan menjabarkan tentang sejarah tinju yang tentunya akan menambah wawasan yang anda miliki untuk itu baca artikel berikut ini dengan baik. Olahraga yang dalam bahasa inggris bernama Boxing ini akrab kita sebut dengan nama tinju merupakan salah satu cabang olahraga kontak fisik yang bisa kita sebut sebagai salah satu yang tertua yang ada di dunia saat ini. Olah raga ini cukup sederhana yakni dengan mempertemukan satu lawan satu dimana masing – masing atlit akan dikenakan sarung pada tangannya dan bertugas untuk melakukan serangan terhadap lawannya tersebut dengan cara meninju menggunakan tangannya, selain itu juga harus bisa membentengi dirinya saat lawan melakukan serangkaian serangan.

Tinju atau boxing memang menjadi sebuah olah raga yang kian digemari di tanah air. Sebut saja Chris John petinju asal Indonesia yang juga bintang iklan di tv ini membuat para remaja bahkan orang tua kian mengidolakannya karena kepiawaiannya saat melakoni sejumlah laga kelas dunia.

Namun pernahkah anda berpikir tentang sejarah dari olah raga tinju ini? pada artikel berikut ini saya akan menjabarkan tentang sejarah tinju yang tentunya akan menambah wawasan yang anda miliki untuk itu baca artikel berikut ini dengan baik.Olahraga yang dalam bahasa inggris bernama Boxing ini akrab kita sebut dengan nama tinju merupakan salah satu cabang olahraga kontak fisik yang bisa kita sebut sebagai salah satu yang tertua yang ada di dunia saat ini. Olah raga ini cukup sederhana yakni dengan mempertemukan satu lawan satu dimana masing – masing atlit akan dikenakan sarung pada tangannya dan bertugas untuk melakukan serangan terhadap lawannya tersebut dengan cara meninju menggunakan tangannya, selain itu juga harus bisa membentengi dirinya saat lawan melakukan serangkaian serangan.

Sejarah Olahraga Tinju

Mengenai nilai, akan dihitung penuh jika mampu memukul bagian depan dari pinggang ke atas dari tubuh lawan yang dianggap sah. Serta jika berhasil memukul kepala dan dada akan mendapatkan nilai yang lebih besar ataupun juga bisa diperoleh dengan menjatuhkan lawan (KO) yang tidak bisa lagi melanjutkan jalannya pertandingan.

Pada saat pertama kali pertandingan , menurut sejarah tinju ini populer di Romawi, Yunani dan juga di Mesir. Dulunya sarung yang digunakan oleh para petinju terbuat dari besi dan hal ini jugalah yang sontak membuat banyak petinju yang meninggal di arena pertandingan. Salah satu petinju yang paling termashur kala itu adalah Theagenes dari Yunani yang telah menewaskan banyak petinju di area pertandingan karena sarung tangan besi yang dikenakannya.

Banyaknya petinju yang meninggal ini membuat James Ping (1973) terketuk, dialah orang yang pertama kali memperkenalkan sarung tinju yang terbuat dari bahan yang lebih aman seperti yang digunakan saat ini . Juara tinju dari daratan Britania ini sendiri menjadi petinju pertama juga yang mengenakan sarung tinju.

Load disqus comments

0 komentar