Sejarah Wordpress - Biografi dan Sejarah

Our site moved here Sejarah dan Biografi

Sunday, January 24, 2016

Sejarah Wordpress

  untuk membuat website atau blog. Dibandingkan dengan blogger (baca: sejarah singkat blogger) sampai saat ini wordpress masih tetap bertahan sebagai milik perusahaan Automattic. Sejarah Singkat CMS Wordpress Sejarah Singkat Wordpress diawali dengan peluncuran pertama kali olehMatt Mullenweg bersama Mike Little sebagai pelampiasan ide kreatif mereka. Dikarenakan sebelumnya di b2/cafeblog tempat mereka mengembangkan blog dihentikan. Otak Matt Mullenweg nggak mau ikut berhenti, maka hadirlah wordpress sebuah nama layanan internet berupa website creation yang dapat digunakan secara gratis atau berbayar.  Nama wordpress sendiri disumbang oleh teman Matt yaitu Christien Selleck. Uniknya, pada akhirnya Michel Valdrighi (pengembang b2/cafelog) bergabung dengan mereka. Jika hendak menggunakan layanan wordpress gratis termasuk server, hosting, pengguna bisa memakai WordPress.com. Hanya saja, pengguna diharuskan menggunakan subdomain seperti http://namadomain.wordpress.com. Namun, jangan berharap pengguna memodifikasi seenaknya sendiri. Jika ingin nama domain sendiri dengan server wordpress, bisa kok, namun biaya lebih mahal dibandingkan jika membeli domain dan hosting di luar wordpress. Sejarah   Pengenalan Matt pada dunia blog sudah ditekuninya sejak tahun 2002 ketika usianya 18 tahun. Ketika itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog b2cafelog. Ia menggunakan blog b2 (bbpress.org) untuk mempublikasi foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C. Namun, beberapa bulan kemudian, blog bbpress tempat Matt mempublikasi fotonya berhenti dalam mengembangkan software-nya. Karena kondisi seperti itu, muncullah pemikiran kreatif dari Matt.



untuk membuat website atau blog. Dibandingkan dengan blogger (baca: sejarah singkat blogger) sampai saat ini wordpress masih tetap bertahan sebagai milik perusahaan Automattic. Sejarah Singkat CMS Wordpress Sejarah Singkat Wordpress diawali dengan peluncuran pertama kali olehMatt Mullenweg bersama Mike Little sebagai pelampiasan ide kreatif mereka. Dikarenakan sebelumnya di b2/cafeblog tempat mereka mengembangkan blog dihentikan. Otak Matt Mullenweg nggak mau ikut berhenti, maka hadirlah wordpress sebuah nama layanan internet berupa website creation yang dapat digunakan secara gratis atau berbayar.

Nama wordpress sendiri disumbang oleh teman Matt yaitu Christien Selleck. Uniknya, pada akhirnya Michel Valdrighi (pengembang b2/cafelog) bergabung dengan mereka. Jika hendak menggunakan layanan wordpress gratis termasuk server, hosting, pengguna bisa memakai WordPress.com. Hanya saja, pengguna diharuskan menggunakan subdomain seperti http://namadomain.wordpress.com. Namun, jangan berharap pengguna memodifikasi seenaknya sendiri. Jika ingin nama domain sendiri dengan server wordpress, bisa kok, namun biaya lebih mahal dibandingkan jika membeli domain dan hosting di luar wordpress.

Sejarah


Pengenalan Matt pada dunia blog sudah ditekuninya sejak tahun 2002 ketika usianya 18 tahun. Ketika itu, Matt baru mulai menggunakan fasilitas blog b2cafelog. Ia menggunakan blog b2 (bbpress.org) untuk mempublikasi foto-fotonya selama perjalanan ke Washington D.C. Namun, beberapa bulan kemudian, blog bbpress tempat Matt mempublikasi fotonya berhenti dalam mengembangkan software-nya. Karena kondisi seperti itu, muncullah pemikiran kreatif dari Matt.

Pada Januari 2003, Matt Mullenweg mengumumkan melalui blog-nya bahwa dia akan mengembangkan blog b2 sehingga sesuai dengan standar web saat itu. Dengan inisiatif sendiri, Matt bersama Mike Little mulai memgembangkan coding WordPress berbasis b2. Kemudian, Mike dan Matt bersama Michel Valdrighi (mantan pengembang b2), mulai aktif mengembangkan WordPress hingga lahirlah WordPress yang Anda kenal saat ini. Pada 27 Mei 2003, WordPress versi 0.70 dirilis. Versi 0.7 ini masih mengandung struktur file yang sama dengan pendahulunya, b2cafelog.

Pada bulan Maret 2003 tepatnya ketika Matt berusia 19 tahun, Matt bersama rekannya mendirikan GMPG dengan format yang lebih kompleks dari HTML. Setahun kemudian, WordPress meluncurkan fasilitas Ping-O-Matic yang berguna untuk mengirim ping notifikasi kepada search engine blog seperti Technorati. Dan saat ini, Ping-O-Matic telah melayani lebih 1 juta ping tiap harinya.Walau Matt merupakan mahasiswa Drop Out (DO) dari kampusnya, ia berhasil menjadi pengusaha muda yang kaya dan sukses. Pada tahun 2007, Ia pun dinobatkan sebagai 16 dari “50 Orang Terpenting di Dunia Internet” oleh PC World. Dan pada pertengahan Januari 2009, Matt berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri sekaligus menjadi tamu utama dalam acara Wordcamp Indonesia 2009 - “1st Annual Conference for Indonesian WordPress Enthusiasts”.
Load disqus comments

0 komentar