Monday, February 1, 2016

Penemu Laptop

Visit Pusat Bet

  Laptop merupakan sebuah barang elektronik yang bisa dikatakan sebuah evolusi dari komputer. Mengapa bisa kita sebut evolusi dari komputer? Karena dari penggunaannya (Seperti sistem operasi Windows, Linux, MacOS, atau yang lain) itu sama persis seperti komputer, namun yang membedakan adalah bentuknya. Jika komputer memiliki bentuk yang "jumbo", nah si laptop ini berukuran lebih kecil. Kalau yang lebih kecil lagi ada yang namanya tablet, tapi yang akan kita bahas disini tidak jauh dari laptop, yaitu penemunya. Jika kamu hanya tau laptop saja, berarti kamu harus tau siapa penemu dari laptop. Penemu laptop adalah bernama Bill Moggridge.  Sekilas Tentang Bill Moggridge  Bill Moggridge merupakan seorang desainer yang berasal dari Inggris. Bill Moggridge ini adalah penulis dan juga seorang pendidik (Semacam guru mungkin) yang ikut dalam pendirian sebuah perusahaan yang bergerak di bidang desain IDEO dan juga seorang direktur dari sebuah Cooper-Hewitt, National Design Museum yang terletak di New York.Nah, Bill Moggridge juga orang jenius yang berhasil mendesain sebuah clamshell PC yang pada akhirnya sudah menjadi sebuah laptop yang bisa kita nikmati fitur--fiturnya saat ini. Sayangnya, Bill Moggridge sudah meninggal pada tanggal 8 September tahun 2012 yang lalu. Bill Moggridge lahir pada tanggal 25 Juni 1943.  Awal Karir Bill Moggridge  Pada tahun 1962 sampai dengan tahun 1965, Bill Moggridge sudah mempelahari industri desain di sekolah yang bernama Central School of Art and Design yang terletak di London. Sementara itu, Bill Moggridge juga akhirnya pergi ke negara Amerika Serikat, tepatnya pada saat itu tahun 1965. Bill Moggridge pergi ke negara AS atau Amerika Serikat dengan tujuan untuk mencari sebuah peluang sebagai seseorang yang bergerak di bidang desainer dan juga mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai seorang desainer untuk Amerika Sterilizer Co yang terletak di Erie, daerah Pennsylvania. Di


Laptop merupakan sebuah barang elektronik yang bisa dikatakan sebuah evolusi dari komputer. Mengapa bisa kita sebut evolusi dari komputer? Karena dari penggunaannya (Seperti sistem operasi Windows, Linux, MacOS, atau yang lain) itu sama persis seperti komputer, namun yang membedakan adalah bentuknya. Jika komputer memiliki bentuk yang "jumbo", nah si laptop ini berukuran lebih kecil. Kalau yang lebih kecil lagi ada yang namanya tablet, tapi yang akan kita bahas disini tidak jauh dari laptop, yaitu penemunya. Jika kamu hanya tau laptop saja, berarti kamu harus tau siapa penemu dari laptop. Penemu laptop adalah bernama Bill Moggridge.

Sekilas Tentang Bill Moggridge

Bill Moggridge merupakan seorang desainer yang berasal dari Inggris. Bill Moggridge ini adalah penulis dan juga seorang pendidik (Semacam guru mungkin) yang ikut dalam pendirian sebuah perusahaan yang bergerak di bidang desain IDEO dan juga seorang direktur dari sebuah Cooper Hewitt, National Design Museum yang terletak di New York.Nah, Bill Moggridge juga orang jenius yang berhasil mendesain sebuah clamshell PC yang pada akhirnya sudah menjadi sebuah laptop yang bisa kita nikmati fitur--fiturnya saat ini. Sayangnya, Bill Moggridge sudah meninggal pada tanggal 8 September tahun 2012 yang lalu. Bill Moggridge lahir pada tanggal 25 Juni 1943.
Awal Karir Bill Moggridge

Pada tahun 1962 sampai dengan tahun 1965, Bill Moggridge sudah mempelahari industri desain di sekolah yang bernama Central School of Art and Design yang terletak di London. Sementara itu, Bill Moggridge juga akhirnya pergi ke negara Amerika Serikat, tepatnya pada saat itu tahun 1965. Bill Moggridge pergi ke negara AS atau Amerika Serikat dengan tujuan untuk mencari sebuah peluang sebagai seseorang yang bergerak di bidang desainer dan juga mendapatkan pekerjaan pertamanya sebagai seorang desainer untuk Amerika Sterilizer Co yang terletak di Erie, daerah Pennsylvania. Di situ Bill Moggridge bertugas untuk merancang peralatan rumah sakit. Pada akhirnya Bill  Moggridge pun kembali ke London dengan tujuan mempelajari tipografi dan juga komunikasi, pada saat itu tahun 1969.

Tutup Usia Akibat Kanker

Bill Moggridge, designer laptop pertama kali meninggal dunia. Moggridge meninggal karena kanker di usia yang ke 69. Komputernya, The Grid Compass, didesain tahun 1979  dan digunakan oleh Militer Amerika Serikat, dijual seharga $8.150 (5.097 pounds) dan dipasang di pesawat ulang alik Discovery. Casing Magnesiumnya didesain berbeda karena layarnya ditekuk ke arah keyboard. Moggridge menciptakan perusahaan design yang berbasis di London tahun 1969, yang  sekarang menjadi Perusahaan konsultan Global bernama Ideo. Dia juga menjadi profesor tamu di mata kuliah Interaction Design di Royal College of Art di London dan menjadi konsultan di Stanford University di California. Tak hanya menjadi perancang laptop dia juga menulis dua buku yang masih berhubungan dengan desain, Designing Media dan Designing Interactions. Pada tahun 2010 dia mendapat Lifetime Achievement Award dari Duke of Edinburgh Dia mengatakan kepada BBC News saat-saat dia merasa "terharu" menerima nobel tersebut, yang sebelumnya dianugerahkan kepada Sir James Dyson, Terence Conran dan Lord Norman Foster.

Load disqus comments

0 komentar