Monday, February 1, 2016

Sejarah Sepeda Motor

Visit Pusat Bet

 Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara. Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta serta biaya operasionalnya cukup hemat.  Dari arti Sepeda Motor diatas, maka dapat disimpulkan oleh kita bahwa sepeda motor adalah kendaraan roda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin untuk membantu pekerjaan manusia. yang akan kita bahas kali ini adalah Siapa Penemu Sepeda Motor?   Asal Mula Penemuan Sepeda Motor  Pada Tahun 1868 Sepeda motor pertama kali dirancang oleh Ernest Michaux. Saat itu tenaga penggerak yang direncanakan oleh Ernest Michaux yaitu mesin uap, namun proyek yang dikerjakannya ini tidak berhasil. Kemudian Edward Butler mencoba menyempurnakannya pada tahun 1885. Edward Butler membuat kendaraan lain yang mempergunakan tiga roda dan digerakkan dengan menggunakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.Kemudian pada tahun 1886 Gottlieb Daimler menjadi orang yang merakit motor pertama kali di Dunia. Gottlieb Daimler menggunakan mesin berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di antara roda depan dan belakang dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Rakitan motor pertama dari sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen.  Perkembangan Penemuan Sepeda Motor

Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara. Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta serta biaya operasionalnya cukup hemat.

Dari arti Sepeda Motor diatas, maka dapat disimpulkan oleh kita bahwa sepeda motor adalah kendaraan roda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin untuk membantu pekerjaan manusia. yang akan kita bahas kali ini adalah Siapa Penemu Sepeda Motor?

Asal Mula Penemuan Sepeda Motor

Pada Tahun 1868 Sepeda motor pertama kali dirancang oleh Ernest Michaux. Saat itu tenaga penggerak yang direncanakan oleh Ernest Michaux yaitu mesin uap, namun proyek yang dikerjakannya ini tidak berhasil. Kemudian Edward Butler mencoba menyempurnakannya pada tahun 1885. Edward Butler membuat kendaraan lain yang mempergunakan tiga roda dan digerakkan dengan menggunakan motor dari jenis mesin pembakaran dalam.Kemudian pada tahun 1886 Gottlieb Daimler menjadi orang yang merakit motor pertama kali di Dunia. Gottlieb Daimler menggunakan mesin berukuran kecil pada sebuah sepeda kayu. Mesin diletakkan di antara roda depan dan belakang dan dihubungkan dengan rantai ke roda belakang. Rakitan motor pertama dari sepeda kayu bermesin itu diberi nama Reitwagen.

Perkembangan Penemuan Sepeda Motor


Pada waktu itu sepeda motor belum dikenal oleh banyak orang. hingga akhirnya Pada tahun 1892, Henry Hilderband dari Munich, memperkenalkan sepeda motor model baru. Dan disusul lagi oleh Werner Brothers pada tahun 1897. Sepeda motor pertama yang dijual untuk umum dibuat oleh pabrik sepeda motor Hildebrand und Wolfm├╝ller di Muenchen, Jerman pada tahun 1893. Roda belakang sepeda motor ini digerakkan langsung oleh kruk as.

Pada tahun 1895 sepeda motor pertama kali masuk ke Amerika Serikat, EJ Pennington, di Milwaukee, mendemonstrasikan sepeda motor yang didesain sendiri. Pada akhirnya Pennington dianggap sebagai orang pertama yang memperkenalkan istilah motorcycle (sepeda motor). Pada tahun yang sama, Triumph, sebuah perusahaan pembuat sepeda di Inggris memutuskan untuk membuat sepeda motor. dan pada tahun 1902 perusahaan itu memproduksi sepeda motornya yang pertama.

Kemudian pada Tahun 1903, William S Harley dan Arthur Davidson, memproduksi sepeda motor mereka dan menamakan sepeda motor itu dengan nama Harley Davidson. pada Perang Dunia I. mereka menjadi pabrik sepeda motor yang memproduksi sepeda motor terbesar di dunia itulah singkat kata sejarah Harley davidson. Sementara itu Perkembangan sepeda motor di Eropa, juga di sebabkan oleh Perang Dunia I dan perang dunia II, yang mana sepeda motor dibuat dan dipergunakan untuk keperluan militer. Kemudian pada Tahun 1952, Honda memproduksi sepeda motor bebek pertama. dikarenakan Kepopuleran sepeda motor jenis ini membuat perusahaan-perusahaan sepeda motor lain asal Jepang seperti Kawasaki, Yamaha, dan Suzuki meniru model sepeda motor jenis motor bebek ini.

Load disqus comments

0 komentar