Tuesday, March 22, 2016

Biografi Guglielmo Marconi - Penemu Radio

Visit Pusat Bet

                                         
                                      

Kalian semua pasti kenal dengan radio, benda kecil yang bisa mengeluarkan suara, alat kecil yang bisa menyebarkan berita. Pada zaman dahulu, radio ini sangat tenar  dan terkenal, banyak orang zaman dahulu mendengarkan informasi dari radio. Banyak juga yang mendengarkan lantunan lagu lagu dari radio, sehingga pada zaman itu radio sangat dibutuhkan. Akan tetapi, di era modern sekarang ini radio sudah masuk ke dalam handphone, sehingga orang bisa mendengarkan radio lewat handphone. Radio juga merupakan alat komunikasi yang tidak menggunakan kabel sebagai media pengantara. Radio hanya menggunakkan gelombang radio untuk mengirimkan suara. Radio juga dapat di aplikasikan menjadi komunikasi satu arah, komunikasi dua arah maupun komunikasi bergantian. Radio hanya bisa menerima dan memilih siaran dari pemancar radio.


Isyarat harus antara pengirim dan penerima harus dilakukan secara bergantian. Radio citizen band atau di kenal dengan radio CB terdapat komunikasi dua arah. Radio merupakan suatu media informasi audio memiliki tempat tempat tersendiri di benak orang yang suka mendengarkan radio. Radio digunakan manusia untuk mengirimkan signal dengan cara radiasi dan modulasi dan juga dengan cara gelombang elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik radio terbentuk saat objek bermuatan listrik dari dan gelombang di modulasi dengan membawa audio pada frekuensi gelombang radio. Gelombang tersebut melintasi melewati udara. Ada beberapa pengertian radio menurut beberapa ahli.

Radio siaran juga merupakan bentuk salah satu dari komunikasi massa. Melalui radio siaran juga suatu komunikasi akan disampaikan melalui komunikator kepada kalayak dan  juga dapat berlangsung dalam waktu yang singkat dan juga komunikan akan menerima komunikasi secara bersamaan walaupun itu di tempat yang terpencar dan berbeda. Guglielmo Marconi merupakan salah satu orang yang berjasa dalam perkembangan dunia penyiaran dunia, khususnya dalam penemuan radio. Ia lahir di Bologna, Italia pada tahun 1874. Guglielmo Marconi berasal dari keluarga berada.

                               

Pada usia 20 tahun, ia melakukan uji coba terhadap percobaan-percobaan yang pernah dilakukan oleh Heinrich Hertz. Percobaan tersebut membuktikan bahwa ada gelombang elektromagnetik yang tak kasat mata, dapat bergerak, serta dapat menyampaikan pesan-pesan tertentu lewat udara. Pada era-era sebelumnya, ditemukan teknologi penyampaian pesan melalui jaringan kabel atau kawat tembaga, seperti telegram. Dari teori dan percobaan yang dilakukan Heinrich Hertz, Marconi mencoba melakukan terobosan baru dengan membuat alat komunikasi nonkabel, yakni radio. Hal tersebut berasal dari pemikiran bahwa gelombang elektromagnetik dapat dimanfaatkan untuk mengirim tanda atau pesan yang melintasi jarak jauh dengan tanpa bantuan kabel. Dengan cara tersebut, orang-orang pada masa itu dapat lebih mudah berkomunikasi dengan orang lain, misalnya pengiriman pesan atau berita ke kapal yang sedang berada di tengah laut.

Untuk membuat teknologi radio yang diinginkan, Marconi harus bekerja keras selama bertahun tahun. Pada tahun 1895, Marconi berhasil memproduksi peralatan-peralatan yang diperlukan untuk pembuatan radio. Satu tahun selanjutnya yakni pada tahun 1896, Marconi memperagakan radio ciptaannya di Inggris, sekaligus memperoleh hak paten pertama atas temuannya. Setelah temuannya diakui dan mendapatkan hak paten, Marconi mendirikan perusahaan radio dan mengirimkan siaran pertamanya pada tahun 1898. Pada tahun-tahun selanjutnya, ia terus mengembangkan penemuannya tersebut. Satu tahun setelah penyiaran pertamanya, ia berhasil mengirimkan pesan tanpa kabel dengan melewati selat Inggris. Pada tahun 1901, ia berhasil

Radio merupakan sejarah sebuah teknologi yang mampu menghasilkan sebuah peralatan radio yang menggunakan gelombang - gelombang radio. Pada awalnya sinyal pada  siaran radio di transmisikan melalui sebuah gelombang data yang berkelanjutan baik melalui modulasi maupun amplitudo (AM). Sebuah metode pengiriman signal, seperti itu juga disebut analog. 


Kemudian dengan seiringnya perkembangan teknologi ditemukanlah jaringan internet, dan signal digital yang selanjutnya juga mengubah cara untuk mentransmisi sinyal radio tersebut. Pada awalnya penggunaan sebuah radio adalah anggota para maritim, yang menggunakan radio untuk mengirimkan sebuah pesan pesan telegraf dengan menggunakan kode-kode morse antara kapal dan darat. Salah satu penggunaan awal termasuk juga angkatan laut Jepang yang juga memata-matai armada

Rusia saat Perang Tsushima pada tahun 1901. Itu juga merupakan Salah satu penggunaan yang paling dikenang adalah saat tenggelamnya RMS Titanic pada tahun 1912, dan  itu termasuk komunikasi antara operator di kapal yang tenggelam dengan kapal yang terdekat dan juga komunikasi ke stasiun darat. Perkembangan radio ditandai dengan adanya jenis-jenis siaran radio. Jenis-jenis siaran radio juga dapat dibagi ke dalam empat kategori, yaitu ditinjau dari segi frekuensi maksutnya, ukuran jumlah putaran ulang per peristiwa dalam selang waktu yang telah diberikan. Berdasarkan segi gelombang, ada gelombang panjang, gelombang pendek,  dan gelombang medium. 

Gelombang panjang adalah Gelombang yang memiliki signal yang panjang sehingga gelombang itu mampu menjangkau daerah area yang sangat  luas. Gelombang pendek adalah Gelombang yang juga menggunakan udara sebagai mediatornya. Gelombang ini juga mempunyai ruang - ruang frekuensi yang sangat lebar yaitu dari 1600 KHz sampai dengan 30.000 KHz. Gelombang medium adalah Gelombang yang menggunakan permukaan bumi itu sebagai sebuah mediatornya. 

Biasanya juga gelombang medium ini berada pada jalur 540 sampai dengan 1600 KHz. Secara umum juga kebanyakan gelombang ini yang dipakai oleh stasiun radio. Berdasarkan  perkembangannya juga ada yang namanya radio satelit, radio internet dan radio berdefinisi tinggi. Radio internet ini dikenal juga sebagai sebuah web radio, yaitu radio streaming dan e-radio bekerja yang dengan cara mentransmisikan sebuah gelombang suara lewat sebuah internet. Prinsip kerja ini hampir sama yang dengan radio konvensional yang short wave atau gelombang pendek, yaitu dengan menggunakan sebuah medium streaming yang berupa sebuah gelombang atau yang berkelanjutan. Radio  satelit adalah radio satelit yang mentransmisikan sebuah gelombang audio yang menggunakan sebuah signal digital. Radio berdefinisi tinggi atau radio HD Radio adalah  Radio ini dikenal juga sebagai sebuah radio digital yang bekerja dengan cara menggabungkan sebuah sistem analog dan digital secara bersamaan. Namun, dengan begitu juga akan memungkinkan dua stasiun digital dan analog akan berbagi frekuensi yang sama.

Biografi Guglielmo Marconi - Penemu Radio                                                                                   Kalian semua pasti kenal dengan radio, benda kecil yang bisa mengeluarkan suara, alat kecil yang bisa menyebarkan berita. Pada zaman dahulu, radio ini sangat tenar  dan terkenal, banyak orang zaman dahulu mendengarkan informasi dari radio. Banyak juga yang mendengarkan lantunan lagu lagu dari radio, sehingga pada zaman itu radio sangat dibutuhkan. Akan tetapi, di era modern sekarang ini radio sudah masuk ke dalam handphone, sehingga orang bisa mendengarkan radio lewat handphone. Radio juga merupakan alat komunikasi yang tidak menggunakan kabel sebagai media pengantara. Radio hanya menggunakkan gelombang radio untuk mengirimkan suara. Radio juga dapat di aplikasikan menjadi komunikasi satu arah, komunikasi dua arah maupun komunikasi bergantian. Radio hanya bisa menerima dan memilih siaran dari pemancar radio.  Isyarat harus antara pengirim dan penerima harus dilakukan secara bergantian. Radio citizen band atau di kenal dengan radio CB terdapat komunikasi dua arah. Radio merupakan suatu media informasi audio memiliki tempat tempat tersendiri di benak orang yang suka mendengarkan radio. Radio digunakan manusia untuk mengirimkan signal dengan cara radiasi dan modulasi dan juga dengan cara gelombang elektromagnetik. Radiasi elektromagnetik radio terbentuk saat objek bermuatan listrik dari dan gelombang d

Peran radio adalah sebagai sarana hobby, kehadiran radio hanya untuk memenuhi fungsi psikologis bagi yang suka mendengarkannya, karena itu tidak perlu dibebani dengan  fungsi – fungsi sosial. Pengguna ini dapat di lihat dari dari dua sisi, yaitu sisi pengelola dan sisi pendengar. Pengelola dan pendengar adalah para tipe yang hobbi yang mendengarkan radio, yang memuaskan dorongan dorongan psikologis untuk memperoleh sebuah kesenangan dalam mendengarkan radio. Radio siaran juga diharapkan dapat menjalankan fungsinya secara proporsional. Dalam kerangka ini, seharusnya fungsi informasional dan hiburan dapat dijalankan secara seimbang. 

Apabila jika masyarakat menempatkan satu radio siaran sebagai prioritas dan itu sebagai sumber sarana hiburan, pengelola juga agaknya tidak akan perlu risau. Radio juga merupakan sarana kita untuk mencari – cari informasi, dan mendengarkan sebuah berita yang lagi ada di lingkungan kita, sehingga kita tidak akan kehilangan informasi ter-update itu tersebut.

Konsep radio ini biasanya meliputi intro lagu : Lagu semua genre, bedah buku : Hari sabtu buku non fiksi dan hari minggu biasanya buku fiksi, lagu daerah : Lagu-lagu tradisional madura, live music : menyajikan berbagai macam mahasiswa - mahasiswa yang khususnya punya banyak bakat dalam konteks menyanyi dengan lagunya sendiri secara akustik, break : Memutar lagu-lagu dalam negeri terbaru dan jenis- jenis lagu yang terupdate masa kini dalam kategori – kategori semua jenis dan request lagu pendengar, puisi live : Menyajikan berbagai macam puisi-puisi oleh mahasiswa dengan puisinya itu sendiri dan itu juga diselingi dengan lagu-lagu yang hening, biografi :

Load disqus comments

0 komentar