Saturday, April 16, 2016

Biografi Tipe - X

Visit Pusat Bet


Biografi Tipe - X Band Tipe X dibentuk pada bulan September 1995 (dengan nama Head Master). Formasi awal ketika itu adalah Tresno (vokal), Micky Mickala (bass), Yoss (gitar), dan Hendro (Drum). Ketika itu Tipe X sering membawakan lagu-lagu milik Red Hot Chilli Peppers. Kemudian mereka sadar bahwa pada saat pementasan musik yang dibawakan oleh Tipe X terasa kurang penuh, lalu mereka sepakat untuk menambah seorang gitaris lagi untuk rhytm gitar, yaitu Irul.   Setelah Irul masuk, Tipe X tidak lagi membawakan lagu lagu Red Hot Chilli Peppers, tetapi mulai mencoba memainkan suatu aliran baru yang ketika itu masih asing dan begitu dikenal di Indonesia, yaitu SKA. Lagu-lagu SKA yang mereka bawain ketika itu adalah lagu millik band SKA luar yaitu Voodoo Glow Skull dan Operation Ivy. Mereka juga mulai belajar untuk membuat lagu lagu sendiri, dan rajin manggung di pentas musik dan panggung underground. Tipe X pernah meraih juara “Band Favorit di Festival Musik Alternatif”.  Supaya nuansa SKAnya lebih kerasa mereka pun mulai menambah personil untuk posisi Brass Section yaitu Andi Toha pada Terompet dan additional player untuk trombone yaitu Edhot. Mereka mulai berinisiatif untuk memperkenalkan musik yang kita mainkan juga

Tipe X dibentuk pada bulan September 1995 (dengan nama Head Master). Formasi awal ketika itu adalah Tresno (vokal), Micky Mickala (bass), Yoss (gitar), dan Hendro (Drum). Ketika itu Tipe X sering membawakan lagu-lagu milik Red Hot Chilli Peppers. Kemudian mereka sadar bahwa pada saat pementasan musik yang dibawakan oleh Tipe X terasa kurang penuh, lalu mereka sepakat untuk menambah seorang gitaris lagi untuk rhytm gitar, yaitu Irul.


Setelah Irul masuk, Tipe X tidak lagi membawakan lagu lagu Red Hot Chilli Peppers, tetapi mulai mencoba memainkan suatu aliran baru yang ketika itu masih asing dan begitu dikenal di Indonesia, yaitu SKA. Lagu-lagu SKA yang mereka bawain ketika itu adalah lagu millik band SKA luar yaitu Voodoo Glow Skull dan Operation Ivy. Mereka juga mulai belajar untuk membuat lagu lagu sendiri, dan rajin manggung di pentas musik dan panggung underground. Tipe X pernah meraih juara “Band Favorit di Festival Musik Alternatif”.

Supaya nuansa SKAnya lebih kerasa mereka pun mulai menambah personil untuk posisi Brass Section yaitu Andi Toha pada Terompet dan additional player untuk trombone yaitu Edhot. Mereka mulai berinisiatif untuk memperkenalkan musik yang kita mainkan juga lagu yang kita ciptakan secara lebih luas dengan mengirimkan demo lagu Frustasi ke acara Ekpresi Indosiar dan demo lagu Bebas Pusing yang dikirim ke Indie Lapan Prambors dan masuk peringkat lima. Setelah itu Tipe X semakin rajin manggung, sampai akhirnya Pops yang dikomandani Dodo Abdullah tertarik & Tipe X mulai rekaman.

Diskografi


Album Pertama

Ska Phobia dirilis tahun 1999 dengan single Genit dan Angan dengan label Pops yang dikomandani Dodo Abdullah. Dalam album ini terdapat 10 daftar lagu dengan 3 lagu berbahasa Inggris.

Album kedua

Album bertajuk Mereka Tak Pernah Mengerti pada tahun 2001 mereka keluarkan dengan 10 lagu baru. Dengan single "Salam Rindu" yang video klipnya dibuat oleh Dimas Djayadiningrat dari rumah produksi Millenium.

Album ini dianugerahi Triple Platinum.

Album Ketiga


Dirilis tahun 2003 album bertajuk Super Suprise masih mendapat respon positif oleh para penggemar tipe-X (X- Friends). Kali ini posisi drum digantikan oleh Aditya Pratama alias Adi, mantan penggebuk drum grup Teaser, yang menempati posisi yang ditinggalkan oleh Hendro.

Album Keempat


Discography Hitam Putih adalah album keempat Tipe-X yang dirilis 2005. Peluncuran album ini juga merupakan ulang tahun tipe-x ke sepuluh. Album yang masih diproduksi Pops Musik ini menyajikan 10 lagu yang mengandalkan lagu Kamu Ngga' Sendirian' sebagai single pertama.

Album Kelima

Album the best dengan judul A Journey mereka rilis pada tahun 2007.

Lagu-lagu yang pernah ngetop di tahun 90-an, seperti "Sakit Hati", "Genit", "Salam Rindu", dan "Mawar Hitam" menjadi andalannya. Sisanya, racikan baru termasuk "Kamu Penipu" ciptaan Tresno dijadikan single pertama album ini.

Album Keenam

Di Album Festival Perasaan ini ada sesuatu yang baru di tipe-X yaitu, di single yang pertama yang berjudul Ciuman Pertama, Tipe-X featuring seorang penyanyi asal Canada yang bernama Chelssie Baker yang ikut menyanyi duet dalam bahasa Indonesia.

Hal ini memperlihatkan bahwa tipe-X selalu update dan inovatif di tengah aliran music yang belakangan ini banyak band yang beraliran melayu pop. Di single pertama ini selain featuring Chelssie Baker di dalam penggarapan albumnya sangat serius sekali dengan melibatkan beberapa musisi pendukung salah satunya Marcell Siahaan (Marcell).

Harapan di Album “Festival Perasaan” ini tipe-X dapat mengobati rasa kangen pecinta musik tanah air terhadap musik ska. Selain itu memberikan pilihan lain kepada masyarakat Indonesia bahwa musik ska dapat dinikmati dan merupakan salah satu genre musik yang masih ada dan eksis di Indonesia dan grup yang sampai sekarang masih eksis adalah tipe-X.

Album Ketujuh


Setelah lama vakum dari dunia hiburan, tipe-X kembali hadir dengan mengeluarkan album baru mereka. Dengan lagu andalan Boyband dalam album Seven (2012), tipe-X meneghadirkan musik terbaru mereka. Dengan kombinasi berbagai jenis musik. Tipe-X bakalan ngeluarin album terbaru mereka i bulan oktober 2012 nanti,nama album mereka kali ini bernama "magic Seven'.launching album kali ini di rancang khusus untuk X-Friends dengan nama X-Friends Day.di album ini terdapat lagu mereka dengan judul "Indonesia Juara","Akibat Kencan Buta","Pacarku Gila Online","Pesta","Happy Birthday","Senang- senang","Jangan Rasis","Cinta Jauh","dan "Rivers Of Bayblon".

Load disqus comments

0 komentar