Tuesday, December 13, 2016

Biografi Rukmini Zainal Abidin

Visit Pusat Bet

 Biografi Rukmini Zainal Abidin   Biodata   Nama Lengkap  : Rukmini Zainal Abidin Alias : Rukmini Profesi : Pengusaha, Agama : Islam Tempat Lahir : Padang, Sumatera Barat Tanggal Lahir : 23 Februari 1924 Zodiac : Aquarius Hobby : Membaca, Bisnis Kota/Provinsi : Padang, Sumatera Barat Warga Negara  : Indonesia Alamat : Padang, Sumatera Barat Suaminya : Zainal Abidin      Bisnis  Rukmini dilahirkan di tengah-tengah keluarga saudagar batik asal Bukittinggi. Dalam rangka memperluas usaha keluarga, Ayahnya Abdul Djalil, merantau dan membawa anak-anak mereka ke Surakarta, Jawa Tengah. Semasa kecil, Rukmini sudah sering terlibat dalam usaha keluarga. Setelah tamat dari sekolah farmasi di Jakarta, Rukmini bekerja di CBZ (RS Cipto Mangunkusumo). Disini dia bertemu dengan Zainal Abidin, seorang putra kelahiran Sawahlunto,[1] yang kelak menjadi suaminya.  Rukmini mengawali bisnisnya pada awal dekade 1950-an. Bersama suaminya, dia mendirikan pabrik farmasi PT. Tunggal (1951) yang kemudian diikuti dengan Apotik Tunggal (1952). Usaha ini dirintis berkat modal dari ayahnya. Dua tahun kemudian usaha Tunggal melebar dengan berdirinya sebuah perusahaan impor dan agen besar untuk pemasaran obat-obatan.[2] Tahun 1953, dia berhasil mendirikan pabrik farmasinya dengan nama Abdi. Tujuh belas tahun kemudian Abdi dan Tunggal sudah menjelma menjadi perusahaan raksasa untuk kawasan Indonesia. Tunggal, selain jadi distributor dan importir bahan baku

Biodata


Nama Lengkap : Rukmini Zainal Abidin

Alias : Rukmini

Profesi : Pengusaha,

Agama : Islam

Tempat Lahir : Padang, Sumatera Barat

Tanggal Lahir : 23 Februari 1924

Zodiac : Aquarius

Hobby : Membaca, Bisnis

Kota/Provinsi : Padang, Sumatera Barat

Warga Negara : Indonesia

Alamat : Padang, Sumatera Barat

Suaminya : Zainal Abidin


Bisnis


Rukmini dilahirkan di tengah-tengah keluarga saudagar batik asal Bukittinggi. Dalam rangka memperluas usaha keluarga, Ayahnya Abdul Djalil, merantau dan membawa anak-anak mereka ke Surakarta, Jawa Tengah. Semasa kecil, Rukmini sudah sering terlibat dalam usaha keluarga. Setelah tamat dari sekolah farmasi di Jakarta, Rukmini bekerja di CBZ (RS Cipto Mangunkusumo). Disini dia bertemu dengan Zainal Abidin, seorang putra kelahiran Sawahlunto,[1] yang kelak menjadi suaminya.

Rukmini mengawali bisnisnya pada awal dekade 1950-an. Bersama suaminya, dia mendirikan pabrik farmasi PT. Tunggal (1951) yang kemudian diikuti dengan Apotik Tunggal (1952). Usaha ini dirintis berkat modal dari ayahnya. Dua tahun kemudian usaha Tunggal melebar dengan berdirinya sebuah perusahaan impor dan agen besar untuk pemasaran obat-obatan.[2] Tahun 1953, dia berhasil mendirikan pabrik farmasinya dengan nama Abdi. Tujuh belas tahun kemudian Abdi dan Tunggal sudah menjelma menjadi perusahaan raksasa untuk kawasan Indonesia. Tunggal, selain jadi distributor dan importir bahan baku untuk Abdi, kini memiliki pabrik kosmetik. Di awal tahun 1980, berdasarkan hasil penelitian JETRO (badan promosi perusahaan Jepang), Rukmini menjadi salah satu partner bisnis yang dapat dihandalkan.[3] Meskipun begitu dia lebih banyak berpatungan dengan investor Amerika dan Eropa, ketimbang dengan investor asal Jepang.


Pendidikan


Sekolah Dasar

Sekolah Menengah Pertama

Sekolah Menengah Atas

Perguruan Tinggi


Karir


Direktur PT Tunggal (1951)

Direktur Apotek Tunggal (1953)

Dewan Komisaris PT Abdi (1964-sekarang)

Direktur PT Shailendra Arya (1968-sekarang)

Direktur PT International Cosmetics (1969-sekarang)

Direktur PT Reckit & Colman Indonesia (1969-sekarang)

Direktur PT Tunggal Sila Farma (1979-2008) yang kemudian merger dengan DKSH Indonesia menjadi PT. DKSH Tunggal, tahun 2008 PT.DKSH Tunggal diakusisi oleh Peter Zuellig anak dari Conglomerat Pharmacy Filipina Zuellig Pharma, dan berganti nama menjadi PT.Parazelsus Indonesia.

Direktur PT Tunggal Putera (1979-sekarang)

Direktur PT Beecham Pharmaceuticals Indonesia (1979-sekarang)


Organisasi


Pendiri Yayasan Mitra Budaya

Pendiri Ganesha Society


Referensi


http://infobiografi.blogspot.co.id/2014/02/biografi-rukmini-zainal-abidin.html

https://infoduniaraya.blogspot.co.id/2014/08/profil-rukmini-zainal-abidin-pengusaha.html

Load disqus comments

0 komentar