Sejarah Perusahaan LG - Biografi dan Sejarah

Our site moved here Sejarah dan Biografi

Monday, February 27, 2017

Sejarah Perusahaan LG

    Sejarah Perusahaan LG           LG Group merupakan sebuah chaebol (kolongmerat)besar Korea Selatan, yang memproduksi perangkat elektronik (termasuk domotik), telepon genggam dan petrokimia. Nama LG berasal dari singkatan “Lucky – Goldstar”, nama perusahaan tersebut sampai tahun 1995.Semangat inovasi dan kepeloporan mengawali langkah LG sejak merekamemproduksi rangkaian produk kimia dan elektronik di korea. Pendiri sekaligus pemilik, InHwoi Koo, mendirikan Lucky Chemical Industrial Co (sekarang bernama LG Chemical) padatahun 1947 sehingga sejarah LG terukir. Perusahaan yang memulai gerakkannya denganmemproduksi Lucky Cream ini merambah pula ke industri plastik. Inilah pertama kali ada industri plastik di Korea. Dengan mendirikan Honam Oil Refining Co (atau LG Caltex Oil) perusahaanpenyulingan minyak pertama di Korea pada tahun 1967 LG melibatkan diri ke sektor bahandasar.   Ini membuka jalannya menuju industri kimia dan logam berat. Kemudia LG (LuckyGroup) pun terus mengembangkan jaringannya dalam bidang elektronik dengan menambahusahanya di penjuru dunia, setelah berhasil LG pun masuk ke Indonesia dibawah pimpinanPresiden Direktur Young Ha Kim dengan nama perusahaan PT. LG ELECTRONICSINDONESIA sebagai perusahaan tunggal untuk menjual produk LG Elektonik di Indonesia.Dengan adanya kebutuhan elektronik di masyarakat yang terus meningkat, tentunyaLG Electronik Indonesia pun terus meningkatkan dirinya, terbukti dengan bertambahnyacabang-cabang di seluruh Indonesia yaitu


LG Group merupakan sebuah chaebol (kolongmerat)besar Korea Selatan, yang memproduksi perangkat elektronik (termasuk domotik), telepon genggam dan petrokimia. Nama LG berasal dari singkatan “Lucky – Goldstar”, nama perusahaan tersebut sampai tahun 1995.Semangat inovasi dan kepeloporan mengawali langkah LG sejak merekamemproduksi rangkaian produk kimia dan elektronik di korea. Pendiri sekaligus pemilik, InHwoi Koo, mendirikan Lucky Chemical Industrial Co (sekarang bernama LG Chemical) padatahun 1947 sehingga sejarah LG terukir. Perusahaan yang memulai gerakkannya denganmemproduksi Lucky Cream ini merambah pula ke industri plastik. Inilah pertama kali ada industri plastik di Korea. Dengan mendirikan Honam Oil Refining Co (atau LG Caltex Oil) perusahaanpenyulingan minyak pertama di Korea pada tahun 1967 LG melibatkan diri ke sektor bahandasar.

Ini membuka jalannya menuju industri kimia dan logam berat. Kemudia LG (LuckyGroup) pun terus mengembangkan jaringannya dalam bidang elektronik dengan menambahusahanya di penjuru dunia, setelah berhasil LG pun masuk ke Indonesia dibawah pimpinanPresiden Direktur Young Ha Kim dengan nama perusahaan PT. LG ELECTRONICSINDONESIA sebagai perusahaan tunggal untuk menjual produk LG Elektonik di Indonesia.Dengan adanya kebutuhan elektronik di masyarakat yang terus meningkat, tentunyaLG Electronik Indonesia pun terus meningkatkan dirinya, terbukti dengan bertambahnyacabang-cabang di seluruh Indonesia yaitu LG Cabang Bandung, LG cabang Banjarmasin, LGCabang Denpasar, LG cabang Yogyakarta , LG Cabang Makasar, LG Cabang Medan, LGCabang Manado, LG Cabang Padang, LG Cabang Surabaya, LG Cabang Pekanbaru, LGCabang Samarinda, LG Cabang Semarang, dan LG Cabang Palembang,.Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan karyawannya maka perusahaan selainmemberikan gaji juga mengikutsertakan karyawannya dalam program jamsostek, asuransikecelakaan dan memberikan bonus per semester.

Di dirikan oleh Koo dan Heo pada tahun 1947. Group ini memperluas ke peralatan rumah tangga pada 1958 di bawah nama Goldstar Electronics Co. (sekarang disebut LG Electronics), yang merupakan perusahaan elektronik pertama di negara tersebut. Mengenai LG Electronics sendiri merupakan perusahaan elektronik global yang berkantor pusat di Yeouido, Seoul, Korea Selatan. LG Electronics adalah produsen televisi dunia terbesar kedua dan produsen ponsel terbesar ketiga merupakan anak perusahaan unggulan dari LG Group, salah satu konglomerat terbesar di dunia elektronik.

Slogan LG adalah “The First” dan ” The Best” selalu menyertai LG Electronics. Setelah suskses memproduksi radio, berikutnya LG Electronics mengembangkan berbagai produk elektronik buatan Korea pertama, seperti telepon, televisi, lemari es, mesin cuci dan pendingin udara. Pada tahun 1995, perusahaan ini berganti nama menjadi “LG”, singkatan dari “Lucky Goldstar”. LG juga memiliki nama domain LG.com

Pada tanggal 4 November 1959, Kookje Daily News, sebuah surat kabar paling berpengaruh di Korea mempublikasikan kisah tentang radio buatan Korea yang pertama yang dikembangkan dan dirakit oleh Goldstar yaitu A-501. Dengan kandungan komponen lokal sebesar 60%, A-501 menciptakan sejarah baru bagi industri elektronik Korea. Menyandang gelar sebagai " Perusahaan Elektronik Pertama Korea", slogan seperti "The First" dan " The Best" selalu menyertai LG Electronics. Setelah suskses memproduksi radio, berturut-turut LG Electronics mengembangkan berbagai produk buatan Korea pertama, a.l telepon, lemari es, televisi, pendingin udara dan mesin cuci. PT LG Electronics Indonesia berdiri di Indonesia pada tahun 1990. PT. LG Electronics Indonesia merupakan salah satu bagian dari LG Group yang didirikan di Korea pada tahun 1985. Perusahaan yang bergerak di bidang elektronik ini pada awalnya merupakan kesepakatan antara Goldstar Korea dengan Astra Indonesia untuk membentuk perusahaan elektronik di Indonesia, yang bernama PT. Goldstar Astra Indonesia.

Pada awalnya PT LG Electronics Indonesia menggunakan merek Goldstar untuk pasar domestik di Indonesia. Merek Goldstar ini kemudian dikenal dengan baik oleh masyarakat Indonesia. Akan tetapi pada tahun 1996, PT. Goldstar Astra mengalami perubahan nama menjadi PT LG Astra Electronics, dan merek yang digunakan berubah menjadi LG, yang merupakan singkatan dari Lucky Goldstar.
Load disqus comments

0 komentar