Saturday, June 3, 2017

Sejarah Ceko

Visit Pusat Bet

  Sejarah Ceko        Mungkin sekitar abad ke-5 Masehi , suku Slavia dari cekungan Vistula menetap di wilayah Bohemia , Moravia , dan Silesia . Ceko mendirikan kerajaan Bohemia dan dinasti Premyslide , yang memerintah Bohemia dan Moravia dari 10 ke abad ke-16 . Salah satu raja Bohemian , Charles IV , Kaisar Romawi Suci , membuat Praha sebuah ibukota kekaisaran dan pusat beasiswa Latin. Gerakan Hussite didirikan oleh Jan Hus ( 1369 ? -1415 ) Terkait Slavia untuk Reformasi dan menghidupkan kembali nasionalisme Ceko, sebelumnya di bawah dominasi Jerman. Sebuah Hapsburg , Ferdinand I , naik tahta tahun 1526 . Ceko memberontak tahun 1618 , menyebabkan Perang Tiga Puluh Tahun ( 1618 1648 ) . Dikalahkan tahun 1620 , mereka memerintah selama 300 tahun ke depan sebagai bagian dari kekaisaran Austria . Kemerdekaan penuh dari Hapsburg tidak tercapai sampai akhir Perang Dunia I , setelah runtuhnya Kekaisaran Austria -Hongaria .   Sebuah serikat dari tanah Ceko dan Slowakia diproklamasikan di Praha pada 14 November 1918 , dan bangsa Ceko menjadi salah satu dari dua bagian komponen dari negara Cekoslowakia yang baru dibentuk . Pada Maret 1939 , pasukan Jerman menduduki Cekoslovakia , dan Ceko Bohemia dan Moravia menjadi protektorat Jerman selama Perang Dunia II . Mantan Pemerintah kembali pada bulan April 1945 ketika perang berakhir dan pra – 1938 batas negara

Mungkin sekitar abad ke-5 Masehi , suku Slavia dari cekungan Vistula menetap di wilayah Bohemia ,
Moravia , dan Silesia . Ceko mendirikan kerajaan Bohemia dan dinasti Premyslide , yang memerintah Bohemia dan Moravia dari 10 ke abad ke-16 . Salah satu raja Bohemian , Charles IV , Kaisar Romawi Suci , membuat Praha sebuah ibukota kekaisaran dan pusat beasiswa Latin. Gerakan Hussite didirikan oleh Jan Hus ( 1369 ? -1415 ) Terkait Slavia untuk Reformasi dan menghidupkan kembali nasionalisme Ceko, sebelumnya di bawah dominasi Jerman. Sebuah Hapsburg , Ferdinand I , naik tahta tahun 1526 . Ceko memberontak tahun 1618 , menyebabkan Perang Tiga Puluh Tahun ( 1618 1648 ) . Dikalahkan tahun 1620 , mereka memerintah selama 300 tahun ke depan sebagai bagian dari kekaisaran Austria . Kemerdekaan penuh dari Hapsburg tidak tercapai sampai akhir Perang Dunia I , setelah runtuhnya Kekaisaran Austria -Hongaria .

Sebuah serikat dari tanah Ceko dan Slowakia diproklamasikan di Praha pada 14 November 1918 , dan bangsa Ceko menjadi salah satu dari dua bagian komponen dari negara Cekoslowakia yang baru dibentuk . Pada Maret 1939 , pasukan Jerman menduduki Cekoslovakia , dan Ceko Bohemia dan Moravia menjadi protektorat Jerman selama Perang Dunia II . Mantan Pemerintah kembali pada bulan April 1945 ketika perang berakhir dan pra – 1938 batas negara itu dipulihkan . Ketika pemilu diadakan pada tahun 1946 , Komunis menjadi partai politik yang dominan dan menguasai pemerintah Cekoslowakia pada 1948 . Setelah itu , mantan demokrasi berubah menjadi negara Soviet -gaya.

Hampir 42 tahun pemerintahan komunis berakhir dengan hampir tak berdarah ” revolusi beludru ” pada tahun 1989 . Václav Havel , seorang dramawan terkemuka dan pembangkang , terpilih sebagai presiden Cekoslowakia pada tahun 1989 . Havel , dipenjarakan dua kali oleh rezim komunis dan dramanya dilarang , menjadi simbol internasional untuk hak asasi manusia , demokrasi , dan perbedaan pendapat damai . Kembalinya reformasi politik yang demokratis melihat gerakan nasionalis yang kuat Slovakia muncul pada akhir 1991, yang menuntut kemerdekaan bagi Slowakia . Ketika pemilihan umum Juni 1992 gagal menyelesaikan koeksistensi terus kedua republik dalam federasi , Ceko dan pemimpin politik Slovakia sepakat untuk memisahkan negara mereka menjadi dua negara sepenuhnya independen . Pada 1 Januari 1993, Cekoslowakia federasi dibubarkan dan dua negara independen yang terpisah yang didirikan – Republik Ceko dan Slovakia . Republik Ceko bergabung dengan NATO pada Maret 1999.  Pada Agustus 2002, banjir parah yang disebabkan 70.000 orang di Praha dan 200.000 nasional untuk dievakuasi .  Havel Daun Kantor Setelah 13 Tahun sebagai Presiden

Presiden Václav Havel meninggalkan kantor pada Februari 2003 , setelah 13 tahun sebagai presiden. Selama bertahun-tahun , Havel kehilangan sebagian dari popularitas besar dengan Ceko , yang menjadi kecewa dengan kegagalan sebagai pemimpin politik. Tetapi internasional Havel tetap sosok yang menjulang tinggi otoritas moral dan keberanian . Pada bulan Maret , Václav Klaus menjadi presiden kedua Republik Ceko itu . Seorang ekonom konservatif , ia dan Havel sering bentrok . Pada bulan Mei 2004 , Republik Ceko bergabung dengan Uni Eropa . Setelah pemilihan yang tak meyakinkan pada bulan Juni 2006 , kebuntuan politik rusak pada bulan Agustus , dengan kanan Mirek Topolanek diangkat sebagai perdana menteri . Pemerintah mengundurkan diri pada bulan Oktober , setelah kalah mosi tidak percaya . Dia membentuk pemerintahan lain pada Januari 2007. Setahun kemudian , pemerintah Topolanek yang sempit selamat lain mosi tidak percaya .

Pada tanggal 8 Juli 2008, setelah negosiasi panjang dan banyak perdebatan , Republik Ceko sepakat untuk mengizinkan Amerika Serikat untuk menyebarkan di atas tanahnya perisai rudal antibalistik . Rusia sangat keberatan dengan kesepakatan , yang memandang sistem sebagai ancaman . Para pejabat AS mengatakan perisai dimaksudkan untuk mencegah serangan dari Iran . Anggota parlemen Republik harus menyetujui kesepakatan.

Sementara Republik Ceko mengadakan istilah berputar enam bulan sebagai Presiden Uni Eropa , pemerintah runtuh dan Perdana Menteri Mirek Topolanek mengundurkan diri setelah pemerintah kanan-tengah kehilangan suara parlemen kepercayaan pada Maret 2009. Pada bulan Mei , Jan Fischer , seorang ekonom , menjadi kepala pemerintah sementara , yang ia berlari untuk lebih dari satu tahun , sampai pemilu pada Mei 2010. Sayap kiri Sosial Demokrat ( CSSD ) bernasib terbaik dalam pemilihan umum , tetapi tidak mengambil mayoritas dan dengan demikian tidak bisa membentuk pemerintahan . Partai Demokrat Civic ( ODS ) , yang ditempatkan di belakang CSSD , mengadakan koalisi dengan TOP sayap kanan 09 dan Urusan Publik moderat . Pada bulan Juni , pemimpin ODS Petr Necas menjadi perdana menteri . Menghadapi defisit tumbuh , Necas mengusulkan pengurangangaji 10 % untuk pekerja umum dan pemotongan belanja yang ketat . Langkah ini memicu protes besar-besaran . Mantan presiden Václav Havel meninggal pada Desember 2011 .


Politik


Bedasarkan konstitusi, Republik Ceko adalah sebuah negara demokrasi parlementer dengan kepala negara seorang presiden yang dipilih oleh parlemen untuk masa jabat 5 tahun. Presiden memiliki hak veto dalam legislasi, hak imunitas, dan bisa membubarkan parlemen dalam keadaan tertentu. Ia juga memilih perdana menteri serta anggota kabinet berdasarkan proposal dari perdana menteri. Parlemen Ceko (Parlament) adalah sebuah parlemen bikameral yang terdiri dari Poslanecká sněmovna yang terdiri dari 200 kursi dengan masa jabat 4 tahun dan Senát yang terdiri dari 81 kursi dengan masa jabat 6 dan 2 tahun.


Geografi


Ceko tidak memiliki batas laut karena dibatasi oleh Polandia, Jerman, Austria, dan Slowakia. Di daerah Bohemia, mengalir Sungai Elbe atau Labe dalam bahasa Ceko dan Sungai Vltava, dikelilingi oleh pegunungan rendah. Di Sudeten, terdapat titik tertinggi di Ceko, Gunung Sněžka setinggi 1.602 m. Bagian timur Ceko, Moravia, juga berbukit dan dialiri oleh Sungai Morava serta merupakan mata air Sungai Oder atau Odra. Sungai-sungai tersebut mengalir ke Laut Utara, Laut Baltik, dan Laut Hitam.

Iklim di Ceko adalah sedang dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang lembab, berawan, dan dingin serta dipengaruhi oleh iklim laut dan darat.

Load disqus comments

0 komentar