Sejarah Chile - Biografi dan Sejarah

Our site moved here Sejarah dan Biografi

Monday, July 3, 2017

Sejarah Chile


 Sejarah Chile  Chili awalnya di bawah kendali suku Inca di utara dan Araucanos nomaden di selatan. Pada 1541 , seorang Spanyol , Pedro de Valdivia , didirikan Santiago . Chili memenangkan kemerdekaannya dari Spanyol pada tahun 1818 di bawah Bernardo O’Higgins dan Argentina , José de San Martin . O’Higgins , diktator sampai tahun 1823, meletakkan dasar-dasar negara modern dengan sistem dua partai dan pemerintahan terpusat .   Diktator 1830-1837 , Diego Portales , berperang dengan Peru 1836-1839 yang diperluas wilayah Chili . Chili berjuang Perang Pasifik dengan Peru dan Bolivia 1879-1883 , memenangkan Antofagasta , Bolivia hanya keluar untuk laut , dan daerah yang luas dari Peru . Pedro Montt memimpin pemberontakan yang menggulingkan José Balmaceda pada tahun 1891 dan mendirikan kediktatoran parlemen yang berlangsung sampai konstitusi baru diadopsi pada tahun 1925 . Industrialisasi dimulai sebelum Perang Dunia I dan menyebabkan pembentukan kelompok Marxis . Juan Antonio Ríos , presiden selama Perang Dunia II , awalnya pro -Nazi namun pada tahun 1944 memimpin negaranya dalam perang di pihak Sekutu .   Pada tahun 1970 , Salvador Allende menjadi presiden pertama di negara non – komunis dipilih secara bebas pada program Marxis

Chili awalnya di bawah kendali suku Inca di utara dan Araucanos nomaden di selatan. Pada 1541 , seorang Spanyol , Pedro de Valdivia , didirikan Santiago . Chili memenangkan kemerdekaannya dari Spanyol pada tahun 1818 di bawah Bernardo O’Higgins dan Argentina , José de San Martin . O’Higgins , diktator sampai tahun 1823, meletakkan dasar-dasar negara modern dengan sistem dua partai dan pemerintahan terpusat .

Diktator 1830-1837 , Diego Portales , berperang dengan Peru 1836-1839 yang diperluas wilayah Chili . Chili berjuang Perang Pasifik dengan Peru dan Bolivia 1879-1883 , memenangkan Antofagasta , Bolivia hanya keluar untuk laut , dan daerah yang luas dari Peru . Pedro Montt memimpin pemberontakan yang menggulingkan José Balmaceda pada tahun 1891 dan mendirikan kediktatoran parlemen yang berlangsung sampai konstitusi baru diadopsi pada tahun 1925 . Industrialisasi dimulai sebelum Perang Dunia I dan menyebabkan pembentukan kelompok Marxis . Juan Antonio Ríos , presiden selama Perang Dunia II , awalnya pro -Nazi namun pada tahun 1944 memimpin negaranya dalam perang di pihak Sekutu .

Pada tahun 1970 , Salvador Allende menjadi presiden pertama di negara non – komunis dipilih secara bebas pada program Marxis . Allende cepat menjalin hubungan dengan Kuba dan Republik Rakyat Cina , memperkenalkan reformasi sosial dan ekonomi Marxis , dan menasionalisasi banyak perusahaan swasta , termasuk yang milik AS . Pada September 1973 , Allende digulingkan dan dibunuh dalam kudeta militer diam-diam disponsori oleh CIA , mengakhiri era 46 – tahun pemerintahan konstitusional di Chili .


Presiden Pinochet Memimpin Selama Rezim Kejam


Kudeta dipimpin oleh junta empat orang dipimpin oleh Kepala Staf Angkatan Darat Augusto Pinochet , yang akhirnya diasumsikan kantor presiden . Berkomitmen untuk menghilangkan Marxisme junta ditangguhkan parlemen , kegiatan politik dilarang , dan kebebasan sipil sangat dikekang . Kediktatoran brutal Pinochet menyebabkan penjara , penyiksaan, penghilangan , eksekusi , dan pengusiran ribuan warga Chile . Sebuah laporan pemerintah pada tahun 2004 menunjukkan bahwa hampir 28.000 orang telah disiksa selama pemerintahannya , dan setidaknya 3.200 pembunuhan dan penghilangan telah terjadi .

Ekonomi , compang-camping di bawah revolusi Sosialis Allende , berangsur-angsur membaik setelah Chile kembali ke privatisasi bawah Pinochet . Pada tahun 1989 , Pinochet kehilangan plebisit pada apakah ia harus tetap berkuasa . Ia mengundurkan diri pada tahun 1990 Januari mendukung Patricio Aylwin . Pada tahun 1993 Desember , Eduardo Frei Ruiz – Tagle , calon dari koalisi kiri-tengah dan anak seorang presiden sebelumnya , terpilih sebagai presiden .

Pinochet , yang telah mempertahankan jabatannya sebagai komandan tentara di kepala setelah 1989 plebisit , pensiun pada bulan Maret 1998. Pada Oktober 1998, ia ditangkap dan ditahan di Inggris pada permintaan ekstradisi dikeluarkan oleh seorang hakim Spanyol yang mencari Pinochet sehubungan dengan penghilangan warga Spanyol selama pemerintahannya . Pengadilan Inggris akhirnya membantah ekstradisi , dan Pinochet kembali ke Chili pada Maret 2000. Dia meninggal pada Desember 2006 pada usia 91 , sebelum menghadapi pengadilan atas pelanggaran kediktatoran 17 tahun itu .


Sosialis Kembali ke Daya


Ricardo Lagos menjadi presiden pada Maret 2000, Sosialis pertama yang memerintah negara itu sejak Allende . Pertumbuhan ekonomi Chile melambat menjadi 3 % untuk tahun 2001 , sebagian hasil dari penurunan harga tembaga internasional dan gejolak ekonomi di negara tetangga Argentina . Pada tahun 2003 , ada beberapa skandal keuangan yang melibatkan informasi orang dalam minor dan penyuapan . Sebagai tanggapan , Lagos memperkenalkan reformasi baru menjanjikan transparansi yang lebih besar . Pada tahun 2004 , Chili mengesahkan undang-undang mengizinkan perceraian untuk pertama kalinya .

Pada pemilihan presiden 2006 , Sosialis Michelle Bachelet memenangkan 53 % suara . Mantan dokter anak adalah korban kediktatoran Pinochet , yang bertanggung jawab atas kematian ayahnya dan dikenakan ke penjara , penyiksaan , dan pengasingan. Bachelet menjabat pada tanggal 11 Maret , menjadi Chile kepala perempuan pertama negara. Dia berjanji untuk melanjutkan kebijakan ekonomi Chile sukses sementara meningkatkan pengeluaran sosial . Tantangan besar pertama presiden datang ketika 700.000 siswa bangsa mengadakan boikot nasional pada bulan Mei menuntut reformasi pendidikan . Para siswa membatalkan pemogokan pada bulan Juni setelah pemerintah sepakat untuk mengatasi masalah mereka .

Pada Januari 2008 , Presiden Bachelet melantik enam menteri kabinet baru untuk 22 anggota nya . Perubahan utama adalah penunjukan Kristen Demokrat pimpinan Edmundo Perez Yoma untuk Menteri Dalam Negeri , pos politik atas lemari . Bachelet juga diganti menteri ekonomi , pekerjaan umum , pertambangan, pertanian , dan perencanaan . Perubahan kabinet tidak diharapkan untuk mempengaruhi kebijakan pemerintah .


Gempa menghancurkan Awal Sayap Kanan Aturan


Pada bulan Januari 2010 , untuk pertama kalinya dalam 50 tahun – sejak aturan Pinochet dari Cile memilih presiden sayap kanan . Miliarder pengusaha Sebastián Pinera kalah tipis Eduardo Frei dari Concertation itu, aliansi kiri-tengah yang telah berkuasa selama 20 tahun , di babak kedua pemungutan suara . Pinera , yang terpilih menjadi anggota Senat pada tahun 1990 , memiliki sebuah stasiun televisi , klub sepak bola, dan saham besar di maskapai penerbangan utama negara , Lan Chile . Dia kalah dari Bachelet keluar dalam pemilu 2006 , menjalankan pertamanya sebagai presiden . Pinera mengatakan ia akan menggunakan ketajaman bisnis untuk menciptakan lapangan kerja industri swasta memberikan peran yang lebih menonjol dalam perekonomian . Dia telah menjauhkan diri dari rezim Pinochet , dan kabinetnya terdiri dari kelompok teknokrat tanpa ikatan untuk Pinochet .

Chile diguncang gempa berkekuatan 8,8 pada bulan Februari 2010 . Kematian relatif rendah , dengan sekitar 500 orang tewas dalam kehancuran . Namun , sebanyak 1,5 juta orang mengungsi . Negara , lama diketahui berada pada risiko tinggi untuk gempa bumi , telah diberlakukan kode bangunan yang ketat di daerah perkotaan , yang membantu untuk membatasi jumlah kerusakan di daerah-daerah . Tapi bangunan dan rumah di daerah miskin – banyak dibangun dengan adobe – tidak ongkos juga . Grid Chile listrik, komunikasi , dan sistem transportasi yang rusak parah , sangat menghambat upaya penyelamatan dan bantuan . Episentrum gempa berada 70 km sebelah timur laut dari Concepcion di pusat Chili . Gelombang besar menyebabkan kerusakan tambahan sepanjang pantai .

Pada bulan Maret 2010 , Sebastián Pinera dilantik sebagai Presiden Chile , segera setelah tiga gempa susulan besar dari gempa besar terakhir. Pinera adalah presiden pertama sayap kanan sejak Pinochet . Dia membuat upaya untuk menjauhkan diri dari mantan diktator , dan ia mengumpulkan kabinet teknokrat tanpa ikatan untuk Pinochet . Dia menghadapi kehancuran luas negaranya setelah gempa Februari , mengunjungi zona gempa langsung setelah pelantikannya . Salah satu tindakan pertamanya sebagai presiden baru adalah untuk membentuk tim tanggap darurat untuk menangani rekonstruksi negara pasca bencana .


Sejarah Perkembangan Islam di Chile


Sejarah masuk islam di Negara Chile. Sedikitnya referensi tentang proses masuk islam di chile membuat saya hanya bisa membahas sedikit tentang proses masuknya islam di Chile. Chili, kadang-kadang dieja sebagai Chile, Cili, atau Cile, adalah sebuah negara berdaulat di Benua Amerika, terletak di bagian tenggara Amerika Selatan. Nama resmi negara ini adalah Republik Chili (bahasa Spanyol: República de Chile), dengan ibu kota dan pusat pemerintahan di Kota Santiago. Menurut Chronicles of Sejarah Chili oleh Aurelio Díaz Meza, ada seorang pria dalam ekspedisi penemunya Diego de Almagro, bernama Pedro de Gasco yang merupakan Morisco, atau muslim dari Spanyol yang dipaksa untuk mengkonversi dari Islam ke Katolik. Kedatangan Moriscos ditutupi oleh sejarah tetapi, baru-baru sarjana sejarah Chili telah mulai mengakui warisan Moor negara dan dampaknya pada perkembangan budaya Chili dan identitas.

Hal ini diketahui bahwa pada 1854 dua orang Turki tinggal di negeri ini, situasi yang diulang dalam sensus tahun 1865 dan 1875. Negara asal mereka tidak diketahui, hanya bahwa mereka penduduk asli dari beberapa wilayah Kekaisaran Ottoman besar, dan ini diikuti dua tahun kemudian oleh gelombang besar pertama Muslim untuk Chili mulai tahun 1856, dengan kedatangan imigran Arab dari Kekaisaran Ottoman wilayah yang terdiri dari, Suriah hari ini Libanon dan Palestina.

Menurut sensus 1885, jumlah orang Turki telah meningkat menjadi 29%, tetapi tidak ada informasi yang tepat mengenai asal mereka dan iman mereka, karena agama tidak termasuk dalam sensus itu. Namun, sensus 1895 tercatat adanya 76 kebangsaan Turki, 58 dari mereka Muslim, yang terutama terkonsentrasi di utara Chili pada Tarapacá, Atacama, Valparaiso, dan Santiago. Dalam sensus 1907, penduduk Muslim dilaporkan telah meningkat menjadi 1.498 orang, semuanya orang asing. Mereka 1.183 pria dan 315 wanita, hanya mewakili 0,04 persen dari populasi, meskipun tercatat sebagai persentase tertinggi umat Islam dalam sejarah Chili. Pada tahun 1920 sebuah sensus baru menunjukkan bahwa jumlah umat Islam telah turun menjadi 402, dengan 343 pria dan 59 wanita. Angka terbesar berada di Santiago dan Antofagasta, dengan 76 di setiap provinsi. Angka-angka sensus terbaru dari 2002 menemukan total 2.894 Muslim tinggal di Chile (0,03% dari populasi di atas 15), 66% di antaranya adalah laki-laki. Sensus sebelumnya 1992 tidak memasukkan Islam sebagai suatu aternative.

Sekitar tahun 1914 islam kembali masuk ke chile dan umumnya berasal dari syria, palestina dan libya. Kedatangan mereka ke chile akibat dari tekanan imperium turki yang saat itu berkuasa ( sekitar tahun 1800 – 1900 ). Namun yang datang sebenarnya bukan semata-mata seluruhnya muslim tapi juga mereka yang beragama Kristen.

Mereka yang tertekan pada saat kekuasan imperium turki, pergi ke amerika serikat, diantaranya ada yang menetap di AS, sebagian lagi kemudian meneruskan perjalanan melalui kapal laut menuju chile, brazil, venezuela dan mexico. Pendatang ke chile diantaranya juga datang dari argentina dengan mengendarai keledai. Setiba di chile, para pendatang dimaksud bersosialisasi, berasimilasi dengan penduduk setempat. Banyak lelaki muslim yang masih muda, menikah dengan wanita2 chile (chilena) yang pada saat itu masih sangat mempertahankan tradisi mereka yaitu beragama katholik, terjadilah kawin campur yang kemudian melahirkan anak-anak yang beragama katholik.

Di Santiago, institusi Islam pertama di Chile, Masyarakat Muslim Uni Chili (Sociedad Uni Musulmana), didirikan pada tanggal 25 September 1926. Kemudian, pada tanggal 16 Oktober 1927, Masyarakat AIDS Mutual dan Amal Islam didirikan. Dengan sensus 1952, jumlah Muslim telah meningkat lagi untuk 956. Mayoritas tinggal di Santiago, dengan sisa penduduk yang tersebar di provinsi Antofagasta, Coquimbo, Valparaíso, O'Higgins, Concepción, Malleco, Cautín dan Valdivia, tanpa organisasi yang jauh di antara mereka. Jumlah mereka menurun lagi, sehingga pada tahun 1960 hanya ada 522, dengan mayoritas dari 209 yang tinggal di Santiago. Satu dekade kemudian, jumlah umat Islam meningkat menjadi 1.431.Namun, sensus tidak menunjukkan apakah mereka adalah laki-laki atau perempuan, warga negara atau asing. Meskipun demikian, mereka tersebar di seluruh negeri.

              Sejarah Chile  Chili awalnya di bawah kendali suku Inca di utara dan Araucanos nomaden di selatan. Pada 1541 , seorang Spanyol , Pedro de Valdivia , didirikan Santiago . Chili memenangkan kemerdekaannya dari Spanyol pada tahun 1818 di bawah Bernardo O’Higgins dan Argentina , José de San Martin . O’Higgins , diktator sampai tahun 1823, meletakkan dasar-dasar negara modern dengan sistem dua partai dan pemerintahan terpusat .   Diktator 1830-1837 , Diego Portales , berperang dengan Peru 1836-1839 yang diperluas wilayah Chili . Chili berjuang Perang Pasifik dengan Peru dan Bolivia 1879-1883 , memenangkan Antofagasta , Bolivia hanya keluar untuk laut , dan daerah yang luas dari Peru . Pedro Montt memimpin pemberontakan yang menggulingkan José Balmaceda pada tahun 1891 dan mendirikan kediktatoran parlemen yang berlangsung sampai konstitusi baru diadopsi pada tahun 1925 . Industrialisasi dimulai sebelum Perang Dunia I dan menyebabkan pembentukan kelompok Marxis . Juan Antonio Ríos , presiden selama Perang Dunia II , awalnya pro -Nazi namun pada tahun 1944 memimpin negaranya dalam perang di pihak Sekutu .   Pada tahun 1970 , Salvador Allende menjadi presiden pertama di negara non – komunis dipilih secara bebas pada program Marxis

Tahun 1985 para pemuda keturunan komunitas muslim arab yang berjumlah sekitar 50 orang membentuk satu perkumpulan sociedad musulman untuk mencari informasi tentang para keluarga yang muslim (no telepon, alamat rumah dll). Dengan kegigihan para anak muda yang didukung oleh para orang tua yang masih mempertahankan kepercayaan islam, mencari bantuan dana untuk membangun mesjid di santiago.

Pada tahun 1988, pembangunan masjid bernama Santiago Mezquita As-Salam ini diprakarsai oleh Syekh Taufiq Rumie ', yang telah memimpin komunitas Muslim selama lebih dari enam puluh tahun. Sedikit demi sedikit bantuan dana diperoleh, dikumpulkan, diantaranya dari donatur berkebangsaan arab dan pakistan . Masjid ini selesai pada tahun 1989 dan diresmikan oleh seorang pangeran dari Malaysia pada tahun 1996, dan itu dilaporkan bahwa pada akhir 1980-an, beberapa Chili adat juga masuk Islam, dengan jumlah meningkat setelah selesainya masjid. Populasi Muslim meningkat dengan adanya perdagangan asing dan investasi dari negara-negara Muslim. Banyak pengusaha Malaysia dan keluarga mereka menetap Chile setelah peresmian masjid oleh pangeran Malaysia. Karena gangguan eksternal, dan terutama untuk penguatan Syiah Islam oleh sebagian besar bantuan Iran pada tahun 1996, mereka meresmikan Centro de Cultura Islamica, di Las Condes, Santiago, di mana mereka konsolidasi komunitas Syiah Muslim yang sebagian besar tiba di Chile di abad ke-19. Sebagian besar Muslim Syiah Chili adalah berkebangsaan Iran, mereka masih dapat berbicara bahasa Persia dan / atau bahasa Iran lainnya, selain dari bahasa Arab dan Spanyol. Pada tahun 1997, pengecer Pakistan membeli tanah untuk pembangunan Masjid Bilal dan madrasah di Iquique, yang selesai pada tahun 1999. Setelah kematian Syekh Taufiq Rumie 'pada tahun 1998, Usamah Abu Gazaleh terpilih Imam masjid setelah melewati Taufiq Rumie'.
Load disqus comments

0 komentar