Saturday, September 16, 2017

Biografi Dolly Parton

Visit Pusat Bet

  Biografi Dolly Parton         Mempunyai nama asli Dolly Rebecca Parton dan lebih dikenal dengan nama Dolly Parton, lahir di Sevierville, Tennesse, Amerika Serikat, pada tanggal 19 Januari 1946. Suaminya bernama Carl Thomas Dean (m 1966), dia berkecimpung didunia film dan musik sejak tahun 1964. Dia anak ke 4 dari 12 bersaudara, ayahnya bernama Robert Lee Parton adalah seorang petani dan pekerja konstruksi, ibunya bernama Avie Lee, dia dilahirkan ditengah-tengah keluarga yang sangat miskin. Selain sebagai penyanyi, dia juga berprofesi sebagai seorang aktris, penulis lagu, produser, musisi dan eksekutif bisnis. Warna musiknya bergenre country, country pop, pop, blue grass dan gospel. Pernah membintangi beberapa film diantaranya adalah Joy Ful Noise, Steel Magnolias, Rhines Stone, Gnomeo & Yuliet dan Frank Mc Klusky C1. Dolly Parton memulai karirnya sebagai pembawa acara anak di Cas Walker, di acara radio, kemudian menginjak usia 13 tahun sudah berhasil merekam single komersial pertamanya dengan menulis lagu untuk Bill Phillips dan Kitty Wells.  Parton meluncurkan karir solo pada tahun 1967, dan meskipun ia bermitra dengan Porter Wagoner untuk acara televisi 1967-1975, dia tetap terutama tindakan solo. (Itu untuk Wagoner yang Parton mendedikasikan yang populer "Aku Selalu Will Love You.") Dia

Mempunyai nama asli Dolly Rebecca Parton dan lebih dikenal dengan nama Dolly Parton, lahir di Sevierville, Tennesse, Amerika Serikat, pada tanggal 19 Januari 1946. Suaminya bernama Carl Thomas Dean (m 1966), dia berkecimpung didunia film dan musik sejak tahun 1964. Dia anak ke 4 dari 12 bersaudara, ayahnya bernama Robert Lee Parton adalah seorang petani dan pekerja konstruksi, ibunya bernama Avie Lee, dia dilahirkan ditengah-tengah keluarga yang sangat miskin. Selain sebagai penyanyi, dia juga berprofesi sebagai seorang aktris, penulis lagu, produser, musisi dan eksekutif bisnis. Warna musiknya bergenre country, country pop, pop, blue grass dan gospel. Pernah membintangi beberapa film diantaranya adalah Joy Ful Noise, Steel Magnolias, Rhines Stone, Gnomeo & Yuliet dan Frank Mc Klusky C1. Dolly Parton memulai karirnya sebagai pembawa acara anak di Cas Walker, di acara radio, kemudian menginjak usia 13 tahun sudah berhasil merekam single komersial pertamanya dengan menulis lagu untuk Bill Phillips dan Kitty Wells.

Parton meluncurkan karir solo pada tahun 1967, dan meskipun ia bermitra dengan Porter Wagoner untuk acara televisi 1967-1975, dia tetap terutama tindakan solo. (Itu untuk Wagoner yang Parton mendedikasikan yang populer "Aku Selalu Will Love You.") Dia memenangkan Country Music Award untuk vokalis perempuan pada tahun 1975 dan 1976.Pada tahun 1987, ia merekam Trio dengan Emmylou Harris dan Linda Ronstadt. Pada tahun 1993, ia mengeluarkan kolaborasi lain dengan Loretta Lynn dan Tammy Wynette berjudul Honky Tonk Angels. Pada tahun 1999, ia kembali ke akustik dengan The Grass Apakah Biru, yang memenangkan Grammy untuk album bluegrass terbaik. Parton dilantik ke dalam Hall of Fame Musik Negara pada tahun 2000.

Beberapa lagu klasik juga berhasil dirilisnya, diantaranya adalah "Jolene", "Coat of maby colour" serta 2 lagu yang menjadi hit besar dan berhasil menghapus batas antara musik country dengan musik pop dengan single "I will always love you" dan "Here you come again", dan lagu ini sukses di musik country maupun musik pop. Duet single pertamanya "The last thing on my mind" adalah sebuah cover dari Tom Paxton, berhasil menjadi top ten hit di chart single country dan pada tahun 1974 arah musiknya mulai bergerak menuju kearah main stream musik pop.

Single "9 to 5", merupakan sebuah single dengan string hit pop-country dari fim "9 to 5" berhasil menjadi hit dan sukses besar dipertengahan tahun 1980 an. Di film itu Dolly Parton bermain bersama dengan Jane Fonda dan Lily Tomlin.Dia juga terus mengembangkan usahanya diluar musik, seperti Dolly Wood Theme Park yang dibuka tahun 1986 di Pigeon Forge, Tennesse. Single country pertamanya berjudul "Dumb Blonde", diikuti dengan "Something Fishy", "Full length", "Halo" dan "I'm Dolly". Dan selama tahun 1974 sampai dengan 1980, secara konsisten menempatkan lagunya di Country Top 10 dengan 8 singlenya berhasil mencapai urutan pertama.Dolly Parton berhasil memenangkan Grammy Award untuk Best Female Country Vocal Performance melalui album "Here you come again", yang menghasilkan lagu-lagu hit seperti "Heart breaker" (1978), "Baby I'm Burning" (1979), "You're the only one" (1979). Lagu-lagu ini berhasil masuk di Top pop 40 dan ranking pertama country chart.

Sukses secara komersial berhasil diraihnya pada tahun 1980, dengan 3 kali berturut-turut menduduki peringkat pertama untuk "The Donna Summer" dan telah menulis single "Starting over again", "Old Flames can't hold a candled to you" dan "9 to 5", dan berhasil menduduki puncak tangga country dan pop charts pada awal tahun 1981. Tahun 1987 merilis "Trio", dan berhasil memenangkan Grammy Award Best Performance Country Duo atau Grup dengan vocal dan masuk nominasi untuk album "Of The year", serta dilanjutkan dengan keberhasilan pop "Rainbow" dan "The river unbroken". Tahun 1989, Dolly Parton mulai fokus merekam country "White limozeen" sehingga memunculkan 2 single hit berjudul "Why'd you come in here lookin like that" dan "Yellow roses". Kemudian pada tahun 1990 dia mulai kembali ke genre country klasik (Blue grass). Dolly Parton juga sukses berduet dengan beberap

Load disqus comments

0 komentar